Sepertinya sekarang minyak kayu putih lagi naik daun ya Beauty. Katanya, benda yang satu ini diklaim mampu mengusir virus Corona. Enggak cuma itu aja, beberapa orang dari masyarakat biasa hingga public figure yang sudah sembuh juga mengklaim minyak kayu putih membantu mereka sembuh dari virus mematikan itu. Sebelumnya, beberapa bulan lalau Kementerian Kesehatan juga sempat viral karena membuat kalung anti Corona yang terbuat dari eucalyptus. Nah pertanyaannya, minyak kimia eucalyptus itu sama dengan minyak kayu putih enggak sih? 

Jawabannya adalah minyak eucalyptus dan minyak kayu putih itu berbeda. Meskipun hamprir mirip, kedua jenis minyak ini datang dari keluarga yang sama dan memiliki bahan aktif yang diduga ampuh untuk menghambat virus Covid-19. Tapi, ada perbedaan mencolok diantara kedua minyak ini. Minyak eucalyptus lebih berisiko merusak sel dan organ kalau kita dengan sengaja meminumnya. Jadi bisa dikatakan minyak kayu putih lebih aman untuk digunakan masyarakat. Minyak eucalyptus juga enggak bisa sembarangan digunakan dan dikonsumsi begitu aja. 

Minyak kayu putih biasanya lebih banyak digunkan untuk meredakan sakit dengan cara dioles atau bahkan sedikit ditelan. Sedangkan minyak eucalyptus biasanya digunakan sebagai essential oil dan harus dicampur ke dalam air untuk dihirup. Beauty juga harus menggunakan water difuser biar manfaatnya bisa dirasakan. Minyak kayu putih biasanya digunakan untuk meredakan sakit ringan seperti masuk angin, pilek, dan flu sedangkan minyak eucalyptus karena digunakan untuk mengusir serangga dari ruangan. Nah mulai sekarang jangan salah lagi ya Beauty.