Menu

Jatuh dan Kembali Bangkit, Miranda Haryanto: Jangan Anggap Remeh Hal Sepele Jika Ingin Sukses!

21 Maret 2023 07:02 WIB
Jatuh dan Kembali Bangkit, Miranda Haryanto: Jangan Anggap Remeh Hal Sepele Jika Ingin Sukses!

Miranda Haryanto, CEO Breadlife. (Nailul Iffah/HerStory)

HerStory, Jakarta —

Beauty, buat kamu yang ingin sukses menjadi seorang womanpreneur, jangan pernah ragu untuk memulai dari hal kecil ya.

Miranda Haryanto, selaku CEO of Breadlife mengatakan untuk tidak menyepelekan hal kecil jika ingin mendapatkan sesuatu yang lebih besar.

"Jangan anggap remeh hal kecil, mulailah mengerjakan hal sepele untuk mendapatkan sesuatu yang lebih besar," ucapnya, kepada HerStorydi Jakarta, baru-baru ini.

Sebagai womanprenuer, Miranda merasa bangga dan senang diberikan kesempatan menduduki posisi sebagai CEO of Breadlife setelah diakuisisi oleh Dailybox, di mana rekan kerjanya didominasi oleh kaum pria.

"Sebuah kebanggaan karena di dalam Dailybox CEO-nya kebanyakan laki-laki. Dan ini ga gampang untuk mengatur sebuah tim karena banyak yang harus dilibatkan dan dijalani untuk menjadi sukses," tandas Miranda.



Miranda ingin para wanita lebih mengutarakan keinginan mereka untuk mendapatkan kesempatan bekerja dan berkarya dengan menduduki posisi yang dianggap sulit untuk dicapai oleh para wanita.

"Aku berharap semakin banyak womanpreneur yang berani speak up. Meskipun banyak tantatang tapi bisa bikin kamu jadi better person dan memberikan dampak positif kepada orang lain," jelas Miranda.

Bahkan, Miranda sempat mengalami keraguan yang cukup besar ketika ia memutuskan untuk mengambil risiko besar dalam hidupnya di masa pandemi lalu.

"Waktu pertama kali breadlife belum diakuisisi sama Dailybox Group, kita ragu karena brand ini sedang mengalami kesulitan. Lumayan berat masalahnya karena takut gak bisa melewati masalah ini," tutur Miranda.

Ketakutan Miranda semakin menjadi-jadi dan timbul perasaan masyarakat akan meninggalkan Breadlife.

"Takut masyarakat tidak lagi tertarik pada Breadlife, kualitas rotinya menurun. Tapi aku percaya kehidupan normal akan balik lagi dan benar aktivitas pun pulih," tambahnya.


Di tengah pandemi, Breadlife yang memiliki outlet cukup banyak, rupanya mengalami kemunduran besar. Sebanyak 40 outlet breadlife di seluruh Indonesia tutup, hanya tersisa 15 toko saja.

Namun, berkat kegigihan Miranda yang tak pernah lelah dan bosan untuk berinovasi, kini breadlife pun mengalami kenaikan hingga 2x lipat. Miranda pun mengajak para wanita untuk tak mudah menyerah.

"Surround yourself di antara orang-orang yang berpikiran positif. Kalau kita berada di lingkungan toxic, secara tak sadar kita terbawa arus negatif," tegasnya.

Bicara soal produk baru yang ditawarkan oleh Breadlife saat ini, Miranda mengatakan bahwa Breadlife menjadi roti keluarga Indonesia sejak diakuisisi oleh Dailybox.

"Bukan traditional, tapi roti yang disuguhkan cocok untuk lidah masyarakat, karena di Breadlife saat ini ada roti ke arah jepang-jepangan, artisan dan kue yang sudah mengikuti standar," jelas Miranda.

Tentu semua orang punya mimpi, begitu pun dengan Miranda yang mengungkapkan keinginannya agar Breadlife terus berkembang dan kualitasnya ikut meningkat.

"Aku berharap Breadlife nambah outlet dari 10 hingga 20 toko dan target utamanya adalah meningkatkan kualitas roti dari sebelumnya," tuturnya.

Agar usaha yang dijalani bisa berkembang, hal yang harus dilakukan adalah memotivasi diri sendiri setiap hari, bisa merangkul tim agar terus maju dan tumbuh.

Pasalnya, Miranda menyebut bahwa menjalani bisnis layaknya merawat bayi, perlahan namun pasti. Semuanya tak luput dari pengorbanan, bertanggung jawab, dan harus dilingkungan yang positif.

Ditambahkan oleh Miranda, "jangan malu, jangan takut dan jangan pelit kasih ilmu dan belajar juga dari orang sukses, liat ada apa yg baru biar bisa inovasi. Kamu harus bisa kasih sesuatu yang menarik biar dicari sama orang," katanya.

Menariknya, kini Breadlife hadir dengan konsep baru yakni Breadlife kafe. Di mana, orang bisa menikmati makan roti di tempat yang nyaman untuk berkumpul dengan orang terdekat.



Miranda merasa senang sejak wajah baru Breadlife, pendapatan naik sebanyak 30am jangka waktu 1 tahun 3 bulan dan roti yang ditawarkan nyaris 100 varian.

Buat Beauty yang penasaran jenis roti apa yang paling disukai masyarakat, Miranda pun beberkan roti favorit banyak orang.

"Di Breadlife yang paling favorit itu kicir-kicir warna kuning namanya Paris will dalamnya ada puff cheese roll, itu nomor 1. Karena di dalamnya ada keju sama gula. Selain itu, jenis klasik seperti rakbi yang di dalamnya cocochip dan raisin jug tak kalah favorit,  paparoti yang isinya ham dan keju dan terakhir hokaido roti manis lembut gitu," jelas Miranda.

Pesan Miranda untuk kita para wanita yang ingin berbisnis, "*angan menyerah kalau menyerah semua langsung stop. Bisnis itu dateng dari ide, tapi gak semua orang bisa eksekusi, ga boleh gampang nyerah, tanggung jawab dan berikan dampak positif kepada orang sekitar," tutup Miranda.

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Oleh: Nailul Iffah