Ratu Elizabeth II dan Duke of Edinburgh telah menerima vaksinasi Covid-19 mereka, kata juru bicara Istana Buckingham pada hari Sabtu (09/01/21). Pemberian vaksin tersebut dilakukan oleh seorang dokter rumah tangga di Kastil Windsor.

Anaknya, Pangeran Charles, sempat dinyatakan positif mengidap virus corona dan diisolasi pada bulan Maret. Pria berusia 72 tahun itu kemudian mengatakan dia beruntung hanya mengalami gejala ringan dan telah sembuh.

Sementara itu, cucu mereka Pangeran William, pewaris tahta kerjaan Inggris kedua, juga sempat dinyatakan positif mengidap virus corona, namun statusnya dirahasiakan.

Inggris telah mencatat lebih dari 3 juta kasus Covid-19 dan lebih dari 80.000 kematian, menurut angka dari Universitas Johns Hopkins pada hari Sabtu (09/01/21).

Inggris melaporkan 1.325 kematian terkait virus corona pada hari Jumat (08/01/21) yang mana kasus kematian mengalami kenaikan setiap hari. Pejabat kesehatan menghadapi awal yang mematikan hingga 2021 ketika varian virus corona baru, yang pertama kali terdeteksi di Inggris, melanda negara tersebut.

Di ibu kota, walikota London mengumumkan "insiden besar" pada hari Jumat, memperingatkan bahwa rumah sakit di kota itu hampir dibanjiri.

"Situasi di London sekarang kritis dengan penyebaran virus di luar kendali," kata Walikota Sadiq Khan dalam sebuah pernyataan.

"Jumlah kasus di London telah meningkat pesat dengan lebih dari sepertiga lebih banyak pasien yang dirawat di rumah sakit kami sekarang dibandingkan dengan puncak pandemi April lalu.

"Kami mengumumkan insiden besar karena ancaman virus ini terhadap kota kami berada pada titik krisis," tambah Khan. 

Baca Juga: Usai Tolak Vaksin Covid-19, Ribka Tjiptaning Kena Geser di DPR

Saat ini sudah banyak negara-negara yang menutup keberangkatan ke Inggris karena adanya varian baru Corona yang ditemukan di sana. Termasuk Indonesia yang menutup keberangkatan ke luar negeri enggak terkecuali Inggris.