Menu

Rekomendasi Obat Sirop Aman untuk Si Kecil dari Caca Tengker, Bisa Jadi Pilihan Nih Moms!

22 Maret 2023 13:20 WIB
Rekomendasi Obat Sirop Aman untuk Si Kecil dari Caca Tengker, Bisa Jadi Pilihan Nih Moms!

Stimuno Sirop Obat Aman. (Dok. Istimewa/Stimuno)

HerStory, Jakarta —

Moms, beberapa waktu lalu, kasus gangguan ginjal akut (GGA) pada anak yang disebabkan oleh zat kimia berbahaya dalam obat sirop cukup membuat khawatir.

Namun, kini kasusnya mereka dan Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) mencatat gak ada lagi kasus GGA di Indonesia. Bahkan, Badan Pengawan Obat dan Makanan (BPOM) juga telah merilis sejumlah obat sirop yang aman dikonsumsi.

“BPOM dalam melakukan evaluasi, dalam mengeluarkan izin obat, banyak dasar yang digunakan baik yang berlaku secara nasional maupun internasional. Apa yang dilakukan BPOM merupakan best practice yang dilakukan secara internasional,” kata Plt. Direktur Registrasi Obat BPOM, Ibu Tri Asti Isnariani dikutip HerStory dari keterangan resminya, Rabu (22/3/2023).

BPOM selalu melakukan pengawasan ketat dan perusahaan farmasi diminta untuk melakukan pengujian dan pembuktian sistem jaminan mutu. Setelah semua persyaratan terpenuhi, BPOM secara berkala merilis daftar obat-obatan yang aman. 

"Sejak November hingga Januari, sekitar 616 obat sudah dinyatakan aman sepanjang digunakan sesuai aturan pakai," imbuh Ibu Asti.

Salah satu produk sirop obat yang telah dinyatakan aman oleh BPOM adalah Stimuno melalui surat nomor B-PW.02.04.4.43.12.22.991. Stimuno merupakan Obat Modern Asli Indonesia (OMAI) yang telah teruji klinis, sehingga bersertifikat Fitofarmaka.

“Stimuno merupakan satu-satunya imunomodulator herbal bersertifikat Fitofarmaka, terbuat dari meniran hijau, bekerja langsung di sistem imun dan telah tersertifikasi halal,” ungkap Presiden Direktur PT Dexa Medica, Bapak V Hery Sutanto.

Sirop Obat Fitofarmaka Jadi Pilihan Caca Tengker 

Kasus sirop obat cemaran Etilen Glikol/Dietilen Glikol (EG/DEG) yang terjadi sejak Agustus 2022 dan menyusul pelarangan penjualannya, memengaruhi keputusan ibu dalam membeli sirop obat untuk anak balita. 

Baca Juga: Ups! Terkuak Sudah Asal-usul Baby Lily yang Diduga Diadopsi Raffi Ahmad dan Nagita Slavina, Anak Caca Tengker Keceplosan: Ini Kan Adiknya...

Baca Juga: Persamaan Caca Tengker dan Tasya Farasya Soal Uang: Gak Ada Money Kita Gak Bisa Nyaman!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Oleh: Tasha Rainita

Artikel Pilihan