Menu

Pertolongan Pertama yang Bisa Beauty Lakukan Saat Biduran Menurut Pakar

23 Maret 2023 12:30 WIB
Pertolongan Pertama yang Bisa Beauty Lakukan Saat Biduran Menurut Pakar

Alergi (Pinterest/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Ada beberapa orang yang memiliki kulit lebih sensitif, sehingga mudah diserang berbagai macam penyakit, salah satunya biduran.

Biduran atau urtikaria adalah reaksi kulit yang menyebabkan timbulnya bilur berwarna merah atau putih. Di mana nilur yang timbul ini juga disertai dengan rasa gatal.

Awalnya, bilur ini muncul hanya di satu bagian tubuh, tapi lama-kelamaan bilur ini menyebar. Salah satu penyebab umumnya adalah alergi, tetapi ukuran dan bentuk bilur bisa berbeda-beda.

Ketika seseorang terserang biduran, tak menutup kemungkinan dirinya juga akan terserang angioedema. Penyakit angioedema adalah pembengkakan pada lapisan kulit yang lebih dalam.

Pembengkakan ini biasanya terjadi pada bagian mata, bibir, dan alat kelamin. Pada beberapa kasus, masalah pada kulit ini juga bisa terjadi dari gejala anafilaksis.

Gejala anafilaksis yaitu reaksi alergi yang parah dan terjadi secara tiba-tiba hingga bisa menyebabkan kematian. Kondisi ini dianggap sebagai keadaan darurat karena beberapa gejalanya yang ekstrem.

Berikut ini adalah gejala-gejala anafilaksis lainnya:

1. Pembengkakan pada kelopak mata, bibir, tangan dan kaki.
2. Sesak napas yang disebabkan oleh penyempitan saluran udara.
3. Sakit perut dan muntah-muntah.

Dijelaskan oleh dokter Arini Widodo, SpKK,"salah satu ciri khas biduran adalah timbulnya rasa gatal, panas, dan pembengkakan di area wajah, mata dan mulut," jelasnya yang dilansir oleh HerStory dari tayangan Ayo Hidup Sehat TVone (23/3/2023).

Baca Juga: Sering Biduran Sebelum Tidur? Ini yang Harus Beauty Lakukan, Salah Satunya Rajin Mandi!

Baca Juga: Permudah Masyarakat, Eka Hospital Luncurkan Layanan ALIVE, Klinik untuk Penderita Alergi hingga Autoimun!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Artikel Pilihan