Menu

Banyak yang Keliru Nih Beauty, Ternyata Ini Waktu yang Tepat Untuk Sikat Gigi

23 Maret 2023 13:35 WIB
Banyak yang Keliru Nih Beauty, Ternyata Ini Waktu yang Tepat Untuk Sikat Gigi

Ilustrasi seorang wanita menyikat gigi (Pinterest/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Beauty, belum lama ini kita tengah memperingati Hari Kesehatan Mulut Sedunia, yang jatuh pada tanggal 20 Maret 2023 lalu.

Lantas, apakah Beauty sudah menjaga kesehatan gigi dan mulut sesuai anjuran para ahli? Sayangnya masih sedikit orang yang menyadari pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) di 2018 menunjukkan hanya 2,8% orang Indonesia yang menggosok gigi dua kali setelah sarapan dan sebelum tidur. Akibatnya, 88,8% orang Indonesia mengalami gigi berlubang, hal ini juga terjadi pada anak-anak di usia dini.

"Jadi sebenarnya masyarakat sudah mengerti untuk menyikat gigi 2 kali sehari, tetapi waktunya yang salah, seperti ketika mandi. Padahal harusnya setelah sarapan dan sebelum tidur malam," ucap Anggota Dewan Pakar Pengurus Besar Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PB PDGI) Prof. Dr. drg. Tri Erri Astoeti, M.Kes., dalam konferensi pers Pepsodent di Jakarta, Senin (20/3/2023).

Pada dasarnya, konsep menyikat gigi adalah untuk membersihkan sisa makanan yang ada di dalam mulut. Apabila menyikat gigi saat mandi atau sebelum sarapan, artinya sisa makanan masih ada di mulut.

Apabila dibiarkan terus menerus, maka sisa makanan yang ada bisa menjadi makanan bagi bakteri jahat untuk berkembang biak. Sehingga muncul permasalahan seperti gigi berlubang yang tidak bisa dihindari.

"Karenanya, gigi dan mulut harus dijaga dan dipelihara agar tidak terjadi penyakit. Jadi jangan menyikat gigi saat mandi, tetapi setelah makan," tambau drg. Erri.

Untuk perawatan gigi dan mulut sendiri drg. Erri menyarankan agar masyarakat melakukan dengan cara '2-2-2' setiap harinya.

Ini meliputi menyikat gigi 2 kali sehari, yakni setelah sarapan dan sebelum tidur, menyikat gigi selama 2 menit dengan masing-masing sisinya 30 detik, serta 2 kali melakukan kunjungan rutin ke dokter gigi.

Baca Juga: Mengintip Sikat Gigi Elektrik Pepsodent ProVibe, Benarkah Ampuh Hilangkan Plak?

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Artikel Pilihan