Usia bayi memang periode yang rentan karena sistem kekebalan tubuhnya masih berkembang. Sayangnya, bayi tidak bisa mengatakan apa yang ia rasakan ketika mengalami rasa sakit tertentu. Maka itu, orang tualah yang harus peka dan mengamati pertumbuhan si kecil.

Dilansir dari berbagai sumber, bayi sangat rentan terkena berbagai penyakit, apalagi jika ia belum pernah mendapatkan vaksinasi. Namun, gejala-gejala jika bayi terkena suatu penyakit bisa Moms amati sehingga dapat dilakukan tindakan selanjutnya yang lebih baik. Berikut adalah daftar gejala yang harus Moms perhatikan.

1. Demam

Bayi seharusnya tidak menderita demam pada usia sebelum 3 bulan. Jika suhu tubuh bayi baru lahir mencapai 38 derajat celcius, segeralah bawa ia ke dokter. Jika bayi baru lahir mengalami demam, bisa jadi itu tanda ia terkena infeksi.

Setelah bayi berusia di atas 3 bulan, kita bisa menunggu satu hari sebelum membawanya ke dokter. Selain suhu tubuh, reaksi tubuh bayi saat demam juga perlu diperhatikan. Bila bayi yang biasanya aktif lalu mendadak jadi lemas dan hanya tidur saja, sebaiknya diwaspadai.