Mengasuh anak memang bukanlah perkara yang mudah. Jika salah, dampaknya bisa sampai saat nanti anak beranjak dewasa. Salah satunya adalah beberapa perlakuan orang tua pada anak yang justru membuat anak susah menggapai kesuksesan di masa depan.

Jika kesalahan dalam pola asuh ini dilakukan terus menerus, maka berpotensi mengurangi kepercayaan diri anak sejak dini dan membatasi mereka dalam hal kesuksesan dan kehidupan pribadi.

Dilansir dari berbagai sumber, orang tua harus berhati-hati dalam mengasuh anak agar tidak terlalu melindungi mereka hingga mereka tidak bisa menghadapi kenyataan hidup saat sudah dewasa. Untuk mencegah Moms membuat kesalahan yang sama, Berikut adalah 5 hal yang harus diperhatikan ketika mengasuh anak.

1. Membatasi anak-anak dari hal yang berisiko

Kita hidup di dunia yang penuh dengan bahaya. Peringatan akan bahaya membuat orangtua melakukan apapun untuk memproteksi anak-anak di segala situasi. Melindungi anak-anak memang tugas orang tua, namun jangan mengisolasi mereka dari perilaku yang memiliki risiko sehat karena justru akan merugikan di masa depan.

Psikolog di Eropa menemukan bahwa anak-anak yang tak terbiasa bermain di luar dan tak pernah jatuh dan melukai lutut mereka akan cenderung memiliki fobia saat dewasa. Anak-anak perlu jatuh dan terluka untuk mengetahui bahwa hal tersebut normal dalam hidup, remaja perlu merasakan pengalaman patah hati untuk mencapai kedewasaan emosional. Jika orang tua menghilangkan resiko dalam kehidupan anak-anak, mereka akan tumbuh menjadi orang dewasa yang arogan namun memiliki kepercayaan diri yang rendah.

Baca Juga: Bingung Bagaimana Mendidik Si Kecil Agar Menjadi Pribadi yang Baik? Yuk, Simak Tips Berikut Ini!