Mengandung si kecil emang bisa bikin kita seneng ya Moms. Siapa sih yang enggak menanti kehadiran buah hati kita. Tapi kondisi mengandung emang penuh risiko ya Moms. Banyak banget risiko yang harus dihadapi oleh ibu hamil, salah satunya kanker. Jenis kanker yang satu ini memang hanya terjadi pada ibu hamil. Penyakit ganas yang bisa menyerang ibu hamil ini bernama koriokarsinoma. Meskipun kanker ini termasuk langka dan jarang terjadi, tapi enggak menutup kemungkinan kanker ini bisa terjadi.

Penyakit mematikan ini akan berawal dari rahim dan tumbuh di sel-sel plasenta. Kanker yang udah tumbuh di rahim ini kemudian akan menyebar ke berbagai bagian tubuh lainnya. Di Eropa dan Amerika, kanker ini menjangkit 1 dari 20.000 hingga 40.000 kehamilan. Sementara di Asia, Amerika Latin, dan Afrika kasusnya lebih sering lagi yaitu sekitar 1 dari 500 hingga 1.000 kehamilan. Faktor gizi selama kehamilan dan kondisi ekonomi membuat angka koriokarsinoma jadi lebih tinggi.

Koriokarsinoma biasanya menyerang ibu hamil dengan beberapa kriteria tertentu. Ibu hamil yang  berusia di atas 40 tahun, pernah mengalami hamil anggur, pernah aborsi atau kegguran, dan hamil di luar rahim lebih rentan terkena penyakit ini. Meskipun bisa menyerang ibu hamil dengan kondisi tertentu, tetapi ibu hamil dalam keadaan normal juga bisa terjadi lho. Ibu hamil normal berpeluang 15% mengidap penyakit ini.