Moms, si kecil emang harus dibiasakan untuk pipis sendiri dari umur 4 tahun. Kadang si kecil takut kalau harus ke kamar mandi sendirian. Ia akan membangunkan Moms atau pasangan biar dia ditemani dan bisa pipis. Kadang karena saking takutnya ke kamar mandi, si kecil bisa ngompol di kasur. Keadaan ini emang terlihat wajar ya Moms. Tapi, kalau si kecil sering ngompol waktu tidur di malam hari apakah wajar? 

Dalam dunia medis, kondisi ini disebut dengan nokturnal enuresis. Si kecil yang suka ngompol di malam hari bisa aja terkena penyakit ini Moms. Si kecil yang didiagnosis penyakit ini biasanya selalu ngompol tengah malam dan enggak pernah enggak ngompol atau biasanya disebut monosimtomatik enuresis (MNE) primer. Tapi kalau si kecil ngompol lagi setelah pengobatan, kondisi ini disebut MNE sekunder. Gejala ini biasanya dirasakan selama kurang lebih 6 bulan. 

Kondisi ini biasanya terjadi pada anak umur 7-10 tahun. Tapi enggak menutup kemungkinan bisa terjadi di usia kurang dari 7 tahun atau bahkan periode remaja dan dewasa. Penyakit ini terjadi karena sistem saraf yang enggak mampu mengendalikan kandung kemih. Jadi si kecil emang enggak sadar kalau dia pipis saat tidur. Selain karena gangguan saraf, biasanya ada faktor fisik atau psikologis yang mendorong seperti gangguan saluran urin, diabetes, atau stres.