Anak-anak emang sewajarnya suka banget ngempeng ya Moms. Si kecil bakal lebih tenang kalau ia lagi ngempeng. Tapi enggak baik Moms membiasakan si kecil ngempeng, apalagi sambil tiduran. Ada risiko kesehatan serius kalau si kecil terlalu sering ngempeng sambil tiduran. Si kecil bisa mengalami infeksi telinga yang biasa disebut otitis media. Penyakit ini biasanya terjadi pada batita atau anak berusia di bawah 3 tahun. Gejala dari penyakit ini antara lain nyeri di telinga, nafsu makan turun, telinga berdenging, vertigo, dan lain sebagainya.

Penyakit ini biasanya disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri. Biasanya infeksi ini terjadi setelah si kecil batuk pilek atau flu. Selain itu, si kecil yang terkena asap rokok, sering dititipkan di tempat penitipan, sampai sering ngempeng bisa meningkatkan risiko penyakit ini. Meskipun penyakit ini bisa sembuh tanpa obat, tapi kalau terlalu nyeri dokter akan memberikan pereda nyeri dan antibiotik. Kalau obat udah enggak bisa mengatasi, biasanya dokter akan melakukan prosedur pembedahan untuk mengeluarkan cairan di telinga.

Meskipun terlihat ringan, tapi kalau penyakit ini enggak ditangani dengan segera dan serius bisa menyebabkan berbagai komplikasi. Otitis media bisa menyebabkan infeksi tulang belakang (mastoiditis) dan infeksi selaput otak (meningitis). Penyakit ini ternyata juga bisa bikin pasien mengalami gangguan pendengaran secara permanen. Wah bahaya banget ya Moms kalau penyakit ini enggak ditangani segera.

Moms bisa mencegah penyakit ini dengan berbagai cara. Pertama, jangan biasakan si kecil ngempeng sambil tiduran. Otot mulut di dekat telinga akan bekerja keras kalau ia melakukan kegiatan ini. Kedua, jauhkan anak dari asap rokok dan polusi udara. Selain itu, biasakan si kecil menjauhi kegiatan yang bisa bikin pilek seperti minum es, bermain hujan, dan enggak memakai pakaian hangat. Kalau Moms udah tahu gejalanya, segera bawa si kecil ke dokter ya Moms.