Musim hujan telah tiba. Musim hujan seperti sekarang ini biasanya bikin kita mager seharian di kasur. Apalagi, sekarang sedang WFH dan lebih sering di rumah. Pastinya mager maksimal. Udara yang sejuk ditambah dengan suara hujan yang menenangkan bikin kita jadi cepet ngantuk. Eh tapi, bener enggak sih kalau suara hujan bisa bikin tidur kita jadi lebih nyenyak?

Jawabannya adalah iya, air hujan bisa meningkatkan kualitas tidur. Suara hujan termasuk dalam white noise atau suara yang biasa dipakai buat menutupi suara lainnya. White noise enggak sembarang suara lho. Suara ini punya intensitas yang sama dari awal sampai akhir sehingga lebih menenangkan. Suara ini ternyata enggak cuma dari benda di sekitar kita aja. Moms yang punya bayi pasti mengeluarkan ucapan “shhhh” untuk menenangkan bayi. Ini juga termasuk white noise lho.

Suara yang termasuk dalam white noise ini ternyata bisa bikin tidur kita lebih nyenyak daripada musik penghantar tidur. Kalau kita mau tidur, kita masih bisa mendengarkan berbagai suara di sekitar kita. Beauty pernah enggak pas mau tidur dan fokus pada suara jangkrik atau kipas angin dan akhirnya tertidur? Itu salah satu contoh white noise yang bisa bikin kita ngantuk. 

Baca Juga: Moms, Ternyata Izinkan Anak Main Hujan-Hujanan Miliki Deretan Manfaat, Lho!

Selain itu, frekuensi yang sama bisa menghalangi suara lain yang bisa bikin kita susah tidur. Berbeda dengan white noise, musik justru enggak lebih efektif untuk tidur. Musik enggak punya frekuensi yang sama dan bisa bikin kita enggak fokus untuk terlelap. Musik juga bisa merangsang respon ingatan dan emosional dan malah bikin kita berpikir. Nah sebenarnya mudah kan biar kita enggak insomnia lagi. Jadi mulai sekarang coba dengarkan suara kipas angin, jangkrik, atau hujan pas mau tidur ya Beauty.