Beauty pernah atau mungkin sering menangis saat tidur? Memang terdengar sedikit aneh ya. Tapi menangis saat tidur memang benar terjadi. Saat kita tidur, otak masih bekerja terus menerus. Terkadang secara enggak sadar, otak akan “memanggil” alam bawah sadar yang kemudian bisa jadi sebuah mimpi. Walaupun kadang mimpi kita suka random, tapi kalau Beauty sering memimpikan hal yang sama, bahkan sering menangis saat tidur, bisa jadi Beauty sebenarnya mengalami depresi.

Ingatan masa lalu yang buruk bisa aja masih tersimpan di hati Beauty. Ingatan itu akan tetap ada meskipun kita udah enggak mengingatnya lagi. Justru ingatan sengaja kita kubur paksa ini suatu saat nanti bisa muncul lagi dan semakin menguat. Perasaan-perasaan ini yang kemudian muncul menjadi bentuk yang abstrak seperti mimpi. Perasaan bersalah atau ingatan kelam di masa lalu ini lama kelamaan bisa memengaruhi mood dan akhirnya Beauty didiagnosis depresi.

Tapi enggak selamanya Beauty menangis saat tidur berarti tanda depresi kok. Beauty yang menangis saat tidur selama kurang lebih 2 minggu sebaiknya segera berkonsultasi pada tenaga profesional seperti psikolog. Terlebih kalau Beauty masih ingat mimpi itu bukan sesuatu yang baik seperti melakukan kesalahan, ditekan, atau dimarahi. Apalagi kalau di dunia nyata Beauty juga sedang menghadapi masalah yang berat dan terbawa sampai mimpi. 

Baca Juga: Kurang Tidur Bisa Sebabkan Depresi? Mitos atau Fakta, Ya?

Tapi yang perlu diingat jangan melakukan self-diagnose atau menebak diri sendiri ya Beauty. Meskipun Beauty udah mengalaminya selama beberapa hari atau minggu, Beauty tetap perlu diagnosa dari medis untuk mengetahui kepastiannya. Dilansir dari berbagai sumber (12/01/2021), dr. Ade Prasadja, RPSGT mengatakan bahwa pengobatan untuk kasus ini biasanya dilakukan dengan psikoterapi, yaitu dengan terapi berbicara saat bertemu psikolog agar kenangan sedih dapat diatasi.