Moms, apakah kamu pernah mendengar istilah kekerasan finansial di dalam rumah tangga? Tak hanya kekerasan fisik, ternyata ada berbagai jenis kekerasan lainnya yang dapat terjadi dalam kehidupan mahligai rumah tangga, salah satunya dalam urusan finansial. 

Kekerasan finansial di dalam rumah tangga adalah pola perilaku kasar yang digunakan untuk mengendalikan pasangan dalam hal keuangan. Kekerasan ini terjadi ketika salah satu pihak memanfaatkan uang untuk memanipulasi pasangannya. Tentunya akan ada beberapa tanda yang kamu rasakan apabila mengalami hal tersebut. Berikut ini adalah tanda-tanda yang menunjukkan bahwa pasangan kamu melakukan kekerasan finansial. Simak informasinya dengan baik ya. 

Kontrol berlebihan terhadap akses keuangan

Menurut Office on Women's Health, apabila pasangan kerap mencegah pembelian keperluan dan juga membatasi uang untuk pembelanjaan hal-hal yang dibutuhkan, maka hal tersebut merupakan tanda-tanda bahwa ia melakukan kekerasan finansial dalam rumah tangga. Sebagai pasangan suami isteri, ada baiknya untuk berdiskusi bagaimana mengatur keuangan keluarga dengan baik. 

Baca Juga: Benarkah Berselingkuh Bisa Membuat Lebih Bahagia? Ketahui Dulu Penjelasannya