Siapa yang enggak kenal minyak kayu putih. Produk yang jadi primadona buat masyarakat Indonesia ini gampang banget ditemui. Tumbuhan kayu putih ini juga gampang banget ditemui di seluruh wilayah Nusantara. Selain itu, minyak ini bermanfaat banget buat tubuh mulai dari menghangatkan tubuh sampai mengurangi mual. Enggak jarang juga kita memakainya kalau lagi masuk angin. Karena punya segudang manfaat, terkadang kita mengoleskan minyak kayu putih juga ke kulit si kecil. Tapi sebenarnya boleh enggak sih kita memakaikan minyak kayu putih ke bayi?

Meskipun minyak ini biasa digunakan dari anak-anak hingga dewasa, tapi ternyata minyak kayu putih enggak boleh sembarangan digunakan untuk si kecil lho. Kalau enggak hati-hati, berbagai risiko kesehatan bisa mengancam bayi. Risiko pertama yang bisa terjadi adalah iritasi kulit. Si kecil tentu punya kulit yang lebih tipis daripada kita sebagai orang dewasa. Sementara itu, minyak kayu putih terkadang terlalu keras untuk kulit bayi. Akibatnya, si kecil akan merasa gatal, kemerahan, dan iritasi yang bikin si kecil enggak nyaman.

Selain bisa bikin iritasi kulit, minyak kayu putih ternyata bisa bikin mata si kecil jadi iritasi. Moms harus hati-hati banget ya kalau mau mengoleskan minyak ini di sekitar wajah. Kalau Moms masih ingin mengoleskannya di wajah, hindari area sekitar mata ya biar mata si kecil enggak iritasi. Minyak kayu putih juga rentan tertelan lho Moms. Kalau tertelan bisa bahaya banget! Si kecil bisa terkena gangguan pencernaan sampai kejang. Bahan di minyak kayu putih bisa mengiritasi dan masuk ke sirkulasi darah. Karena itu jangan membuka minyak kayu putih sembarangan ya Moms.

Ternyata kita enggak bisa sembarangan memakai minyak kayu putih ke si kecil ya Moms. Karena itu, Moms bisa menggantinya dengan berbagai minyak lainnya sebagai alternatif. Moms bisa menggunakan minyak telon yang lebih aman untuk si kecil. Kalau enggak ada, Moms bisa mencampurkannya dengan minyak lain seperti baby oil atau minyak zaitun biar enggak iritasi. Jangan lupa untuk hindari area hidung, mata dan mulut ya Moms karena di area itu sangat sensitif dan lebih mudah iritasi. Semoga bermanfaat ya, Moms!