Sebagai wanita, kita pasti ingin setiap hari tubuh kita bersih dan bebas dari bau enggak sedap. Area miss V juga enggak luput dari perhatian. Beauty pasti udah enggak asing lagi sama sabun kewanitaan. Beauty juga pasti sering pakai sabun ini saat keputihan datang. Terkadang saking nyamannya pakai sabun ini, kita enggak sadar bisa memakainya tiap hari. Tapi mungkin Beauty sering bertanya-tanya, sebenarnya aman enggak sih memakai sabun kewanitaan setiap hari? 

Dilansir dari berbagai sumber (12/01/2021), dr. Retno Indrastiti, Sp.KK sebagai dokter spesialis kulit kelamin enggak menyarankan memakai sabun pembersih kewanitaan. Sebenarnya miss V cukup dibersihkan dengan air bersih. Menggunakan sabun kewanitaan setiap hari ternyata bisa bikin pH di area miss V enggak seimbang lho. Kalau terlalu sering menggunakannya, bukan bersih yang kita dapat tapi justru makin banyak jamur. Akhirnya, jamur makin banyak dan kita bakal makin sering keputihan. Selain itu penggunaan berlebihan bisa bikin gatal dan iritasi.

Tapi gimana ya kalau miss V sering mengeluarkan bau enggak sedap dan cuma bisa diatasi dengan sabun kewanitaan? Nah untuk itu Beauty menyesuaikan ya. Enggak semua sabun pembersih kewanitaan cocok buat miss V lho. Beauty bisa mengecek komposisi sabun dan pastikan enggak banyak bahan kimia yang digunakan. Pakailah sabun yang banyak mengandung bahan alami. Selain itu, pilih sabun yang enggak terlalu banyak mengandung pewangi. Jangan lupa untuk mengeringkan miss V dengan handuk ya.

Baca Juga: Menggunakan Sabun Khusus Area Kewanitaan Saat Hamil, Aman atau Enggak Ya?

Kalau Beauty udah terlalu sering keputihan, sebaiknya bisa dikonsultasikan dengan dokter ya. Keputihan yang abnormal bisa diakibatkan karena kebiasaan atau kondisi tertentu seperti kanker rahim. Mengatasinya dengan menggunakan sabun kewanitaan setiap hari enggak akan menyelesaikan masalah. Karena itu, enggak boleh sembarangan pakai dan harus dikonsultasikan dulu ya Beauty.