Di situasi pandemik Covid-19 saat ini berbagai cara akan dilakukan setiap orang untuk menghindari penularan virus corona. Salah satunya adalah dengan melakukan swab antigen sebelum bertemu dengan orang lain atau pun sebelum bepergian. 

Oleh sebab itu, tak sedikit lho masyarakat yang melakukan swab sendiri tanpa bantuan serta pengawasan dari tenaga kesehatan. Selain karena kepraktisannya, harga alat yang lebih terjangkau pun menjadi alasan sebagian masyarakat melakukan hal itu. Tapi kira-kira aman nggak sih jika kita melakukan swab secara mandiri tanpa bantuan dari ahlinya? 

Melansir dari berbagai sumber (13/01/2021), melakukan swab secara mandiri sangat tak disarankan dan cukup berbahaya lho beauty. Belum lama ini seorang dokter spesialis THT membagikan kisahnya melalui sosial media. Dokter tersebut menceritakan bahwa ia kedatangan seorang pasien yang kebingungan karena terpapar virus Covid-19. Pasien itu terinfeksi virus setelah melakukan swab mandiri secara bergantian dengan temannya. 

Tak hanya itu, ternyata ada dampak buruk lainnya yang bisa terjadi saat kamu melakukan swab secara mandiri tanpa bantuan dari tenaga kesehatan. Kira-kira apa saja ya dampak buruknya? Yuk, simak informasi berikut ini! 

Baca Juga: Lakukan Swab Test, Paras Cantik Dian Sastro Bikin Netizen Gagal Fokus!