Selain memerhatikan asupan gizi anak, Moms perlu memerhatikan beberapa detail lainnya seperti posisi duduk. Posisi atau cara duduk balita penting untuk dicermati karena berpengaruh pada kesehatan dan pertumbuhannya.

Dilansir dari berbagaisumber (14/01/2021), posisi duduk dengan masing-masing kaki ditekuk ke samping menyerupai huruf "W" ternyata berdampak buruk bagi kesehatan buah hati. Menurut sebagian besar terapis fisik, ada beberapa alasan posisi duduk tersebut tidak baik:

  • Posisi duduk "W" membatasi kekuatan inti karena memberi posisi sangga yang lebih luas pada anak. Mereka tak perlu menggunakan otot perut atau otot belakang dengan posisi duduk ini. Terkadang anak memilih posisi yang lebih menantang dan melelahkan seperti kedua kaki di depan, di samping, atau disilangkan.
  • Posisi duduk "W" menyebabkan ketegangan otot, terutama otot kaki dan pinggul serta lutut dan pergelangan kaki.
  • Posisi duduk "W" memperburuk masalah saraf seperti kelemahan otot, yang artinya ketika anak tidak menggunakan otot secara aktif maka otot tersebut menjadi lemah dan sulit menyangga tubuh agar tegak.

Anak yang duduk lama dalam posisi "W" bisa terhambat kemampuan motoriknya seperti dalam hal koordinasi dan keseimbangan. Jika Moms melihat si kecil duduk dengan posisi "W", segera ubah posisi duduk anak dengan memindahkan kakinya ke posisi yang benar atau membujuknya untuk mengubah cara duduk.