Kabar duka kembali menyelimuti tanah air. Aktris senior Farida Pasha meninggal dunia pada Minggu (17/01/2021). Farida yang terkenal lewat perannya sebagai Mak Lampir ini menjadi sosok yang melekat di benak masyarakat. Beliau dikenal totalitas dalam berakting.

“Beliau adalah sosok aktor yang berhasil memainkan perannya dengan sangat ikonik. Rasa-rasanya siapa masyarakat Indonesia yang enggak kenal dengan karakter Mak Lampir,” tulis akun Instagram @forumfilmbdg.

Farida memulai karirnya sebagai aktris ketika berperan sebagai Sandra di film Guna-Guna Isteri Muda yang tayang tahun 1977. Karirnya kemudian melejit saat Farida membintangi film Misteri dari Gunung Merapi dan berperan sebagai Mak Lampir. Selain itu, masih banyak sederet film yang berhasil ia perankan.

Sebelum wafat, Farida berhasil menerima penghargaan tertinggi dalam Festival Film Bandung 2020. Salah satu festival bergengsi itu memberikan Farida penghargaan tertinggi atas kemampuan aktingnya yang hingga saat ini masih meleket di benak masyarakat. Farida menerima penghargaan lifetime achivement atau penghargaan seumur hidup di Festival Film Bandung pada 14 November 2020 lalu.