Menu

Mata Panda Emang Bikin Ganggu, Kenali Penyebab dan Cara Alami Menyamarkannya

11 Januari 2020 13:00 WIB
Mata Panda Emang Bikin Ganggu, Kenali Penyebab dan Cara Alami Menyamarkannya

Wanita yang memiliki mata panda (Pinterest/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Enggak ada yang pengen punya kantung mata besar, apalagi ada lingkaran hitam di bawahnya. Memiliki mata panda emang bikin kurang percaya diri. Mata panda membuat penampilan lusuh dan juga terlihat tua. Biasanya orang yang memiliki mata panda karena kurang tidur.

Tapi Beauty, enggak cuma kurang tidur aja yang menyebabkan adanya kantung mata. Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan terjadinya mata panda. Yuk simak ulasan berikut!

Sinar Matahari

Seringnya terpapar sinar matahari dapat menarik pigmentasi permukaan kulit dan menciptakan lingkaran hitam. Selain itu seringnya terpapar sinar matahari juga dapat menyebabkan penyakit kronis yang fatal dampaknya lho!

Penuaan

Lingkar hitam pada mata akan tampak pada wanita yang mengalami penuaan. Dengan bertambahnya usia, kulit di sekitar area mata menjadi lebih tips. Saat seperti ini, pembuluh darah di bawah mata semakin terlihat jelas sehingga menyebabkan mata panda.

Tegang

Kebiasaan menatap layar handphone, televisi atau komputer dalam waktu lama mengakibatkan ketegangan pada mata. Di mana pembuluh darah sekitar mata akan membesar, sehingga kulit disekitarnya pun menghitam.

Kurang nutrisi

Mata panda juga bisa disebabkan karena kurangnya nutrisi. Vitamin A, C, K, dan E dapat menutrisi dan membantu menyingkirkan lingkaran hitam di bawah mata. Beauty, kamu bisa makan makanan yang memiliki kandungan gizi tersebut agar terbebas dari kantung mata yang menghitam.

Kebiasaan merokok dan minum alkohol

Kebiasaan merokok dan mengonsumsi alkohol juga dapat menyebabkan mata panda. Cairannya yang tertumpuk dalam tubuh dapat membuat aliran darah pada kulit wajah enggak lancar sehingga menimbulkan lingkaran hitam di bawah matamu terlihat.

Bisa dihilangin enggak?

Tenang Beauty, banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk menyamarkan lingkaran hitam yang ada di bawah matamu itu. Salah satunya dengan menggunakan bahan-bahan alami.

Melansir dari berbagai sumber, ini bahan alami yang bisa kamu gunakan untuk menyamarkan mata panda:

Kunyit

Beauty bisa menggunakan kunyit buat bantu menyamarkan lingkaran hitam di bawah mata. Sifat antibakterinya mampu mencerahkan kulit. Kamu bisa mencampurkan kunyit dan minyak almond untuk diaplikasikan di bawah mata. Biar hasil lebih maksimal, kamu bisa rutin menggunakannya dua kali dalam seminggu.

Kantung teh celup

Beauty yang sering minum teh celup, coba deh enggak membuang bekas teh celup tersebut. Menyamarkan noda hitam dengan teh celup itu lebih cepat lho! Kandungan antioksidan yang tinggi di dalamnya mampu mengurangi pembengkakan dan warna gelap di bawah matamu.

Caranya gampang banget kok, kamu hanya menyimpan kantung teh celup yang basah ke dalam kulkas. Kalau sudah dingin, kamu bisa mengomperaskan ke bawah selama 15-20 menit.

Kentang

Selanjutnya kamu bisa juga menggunakan kentang. Selain sebagai salah satu sumber karbohidrat, kentang juga memiliki manfaat untuk kecantikan. Salah satunya untuk menyamarkan mata panda. Kamu bisa mengoleskan air perasan kentang dengan kapas di area mata pandamu. Diamkan selama 10 menit lalu bilas deh dengan air bersih. Gampang banget kan Beauty?

Nah Beauty, itu tadi beberapa hal yang perlu kamu tahu soal penyebab terjadinya mata panda dan cara mudah menyamarkannya menggunakan bahan alami. Selamat mencoba, Beauty!

Baca Juga: Dear Wanita! Ini Cara Biar Make up Enggak Mudah Luntur Karena Keringat

Baca Juga: Ingin Punya Kulit Cantik dan Sehat? Rajin-Rajin Deh Minum Jus Wortel!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Oleh: Witri Nasuha