Menu

Rayakan 10 Tahun, Nutrisari Terus Kenalkan Minuman Rempah Tradisional ke Anak Muda Indonesia Melalui W’Dank, Yuk Intip Caranya!

14 April 2023 07:52 WIB
Rayakan 10 Tahun, Nutrisari Terus Kenalkan Minuman Rempah Tradisional ke Anak Muda Indonesia Melalui W’Dank, Yuk Intip Caranya!

10 Tahun Nutrisari W’Dank. (Ummu Hani/HerStory)

HerStory, Jakarta —

Beauty, Indonesia dikenal kaya akan ragam rempah-rempah yang menyehatkan. Namun, seiring berkembangnya zaman, terdapat pergeseran tren sehingga olahan rempah, seperti minuman bajigur, temulawak, dan sebagainya gak banyak dikenal generasi muda Tanah Air. 

Brand Manager NutriSari W'Dank, Yesaya Christian, mengatakan, menurunnya kepopuleran minuman rempah tersebut karena masih melekatnya kesan 'kuno' sehingga gak familiar di lidah anak muda.

"Selain itu karena dianggap ribet dan kita harus (membeli rempah) ke pasar. Jadi itu yang bikin minuman tradisional semakin langka. Gak banyak penjual minuman tradisional yang bisa ditemukan di jalan-jalan, dan anak muda memilih minuman kekinian seperti boba,” tutur Yesaya, dalam Konferensi Pers 'Gandeng Ragam Komunitas Budaya, Berkolaborasi Lestarikan Tradisi Indonesia 10 tahun NutriSari W'Dank Menghangatkan Indonesia' di Jakarta, Kamis (13/4/2023).

Melihat kondisi tersebut, Yesaya terus berupaya mengenalkan minuman tradisional rempah ke anak muda melalui produk Nutrisari W’Dank. 

"Eksistensi Nutrisari W’Dank selama 10 tahun kita ingin hadirkan supaya bisa relevan dengan generasi. Pertama dari bahasanya dulu. Kita gunakan bahasa gaul, W'Dank. Lalu kemasannya dibuat praktis pula,” ungkap Yesaya.

Gak cuma itu, Yesaya juga berupaya mendekatkan W’Dank dengan lingkaran pergaulan generasi muda melalui kolaborasi. Menurutnya, kebiasaan anak muda yang berkiblat pada media sosial dan influencer menjadi wadah tepat untuk terus mengenalkan minuman rempah tradisional. 

"Nah kita berusaha dekat dengan circle anak muda. Itu lah kenapa kita selalu berkolaborasi dengan blogger dan influencer. Misal ada public figure yang mereka kagumi pakai suatu produk jadi anak muda juga ingin mencoba memakainya," tutur Yesaya.

Dalam kesempatan sama, Putri Tenun Songket Indonesia, Vina Anggi Sitorus, mengungkapkan, setiap anak Indonesia seharusnya bangga dengan kebudayaan lokal, termasuk produk minuman tradisional rempah. 

“Bagaimana cara mengimplementasikannya? Kalau kita punya minuman tradisional ya dikonsumsi. Bahan-bahannya dibeli dari pengusaha UMKM lokal, kita harus jadi culture oriented,” ujar Anggi. 

Selain itu, Nutrisari W’Dank juga berkolaborasi dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemparekraf) dalam mensosialisasikan Wonderful Indonesia. Produk ini sudah menjadi souvenir khas Indonesia di berbagai acara internasional. 

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Oleh: Ummu Hani

Artikel Pilihan