Moms, apakah si kecil pernah mengalami mogok bicara ketika bertemu dengan orang baru? Jika iya, kamu harus segera waspada ya moms, terlebih lagi apabila ia cukup aktif berbicara di rumah. Karena bisa jadi ia mengalami mutisme selektif atau bisu selektif. 

Mutisme selektif adalah gangguan kecemasan yang sangat parah sehingga membuat anak tak dapat berbicara dengan baik pada situasi sosial tertentu, seperti pada lingkungan baru ada di hadapan orang ramai. Kondisi tersebut biasanya terjadi saat ia merasa tak cemas atau tak nyaman. 

Permasalahan yang satu ini sering kali dianggap remeh oleh para orang tua. Padahal, kondisi mutisme selektif sangat perlu untuk diperhatikan dan juga diatasi. Jika tak diatasi dengan segera, tentu saja hal itu dapat berpengaruh pada tumbuh kembangnya. Berikut ini adalah hal-hal yang bisa menyebabkan anak mengalami mutisme selektif, simak informasinya dengan baik ya moms! 

Rasa cemas berlebih 

Lebih dari 90 persen kasus, anak yang mengalami mutisme selektif juga mengalami fobia pada keramaian, sehingga ia akan merasa cemas dan panik berlebihan seperti demam panggung ketika harus bersosialisasi dengan orang lain.

Baca Juga: Kenali Penyebab Bibir Pecah-Pecah Pada Bayi Baru Lahir, Jangan Disepelekan!