Menu

Waspada Moms! Kasus Sifilis Meningkat Hingga 70 Persen, Anak dalam Kandungan Bisa Ikut Terpapar, Ini Kata Kemenkes

09 Mei 2023 08:05 WIB
Waspada Moms! Kasus Sifilis Meningkat Hingga 70 Persen, Anak dalam Kandungan Bisa Ikut Terpapar, Ini Kata Kemenkes

Ilustrasi Sifilis. (istockphoto/Edited By HerStory)

HerStory, Jakarta —

Sifilis merupakan penyakit menular seksual atau sering dikenal sebagai raja singa. Penyakit yang satu ini disebabkan oleh infeksi bakteri.

Umumnya, sifilis adalah penyakit yang diawali dengan luka di sekitar alat kelamin, dubur, atapun mulut. Awal kemunculan lukanya cenderung gak disertai rasa nyeri.

Bicara soal sifilis, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI mengungkapkan bahwa terjadi peningkatan kasus penyakit sifilis hingga 70 persen dalam kurun waktu 70 persen.

"Jadi pasien yang ditemukan setiap tahunnya terus bertambah, sampai sekarang mengalami lonjakan hingga 70 persen," kata Juru Bicara Kementerian Kesehatan, dr. Mohammad Syahril dalam konferensi pers virtual, Senin (8/5/2023).

Menurut data yang ada, pada tahun 2018 jumlah orang yang menderita sifilis berjumlah 12.484. Tahun 2019 jumlahnya meningkat menjadi 17.650 orang. Lalu, tahun 2023 meningkat menjadi 18.437 orang.

Di tahun 2021, sempat sedikit menurun menjadi 17.280. Namun, di tahun 2022 kembali meningkat hingga mencapai angka 20.783 orang.

Sifilis ini dijelaskan oleh Syahril bisa menular ke anak dari orang tuanya. Penularan ini bisa terjadi dari ibu saat hamil dan melahirkan.

Baca Juga: Indonesia Darurat Kasus Sifilis, Yuk Pasutri Kenali Penyebabnya dan Cara Mencegahnya di Sini, Penting!

Baca Juga: Kemenkes Sebut Ibu Hamil Berisiko Tinggi Tularkan Sifilis ke Janin, Cari Tahu Cara Mencegahnya Yuk Moms!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.