Akhir-akhir ini istilah xenophobia sedang ramai diperbicangkan publik, bahkan sempat menjadi trending topic di media sosial twitter. Hal itu lantaran salah satu member girl band asal Korea Selatan BLACKPINK yang bernama Jisoo mendapat serangan komentar negatif dari para netizen. Lalu apa sih sebenarnya xenophobia itu? 

Mengutip dari sehatq.com (26/01/2021), xenophobia adalah istilah yang merujuk pada ketakutan terhadap orang asing atau terhadap individu yang berbeda dari dirinya. Xenophobia seringkali dikaitkan dengan rasisme dan homofobia, namun hal itu nggak benar ya beauty, karena ada perbedaan di antara istilah-istilah tersebut. Rasisme dan homofobia merujuk pada diskriminasi akibat adanya perbedaan karakteristik yang spesifik. Sedangkan xenophobia berakar pada persepsi bahwa orang-orang selain di luar kelompoknya merupakan orang asing.   

Xenophobia yang muncul pada dalam diri seseorang bisa disebabkan oleh pengalaman traumatis yang berkaitan dengan kebudayaan dan juga karena gangguan stres atau depresi yang pernah dialaminya.