Beauty, apakah kalian tahu mengenai kanker kolorektal? Kanker kolorektal atau kanker usus besar adalah keganasan yang berasal dari jaringan usus yang terdiri dari kolon dan atau rektum. Secara global, kanker kolorektal merupakan jenis kanker ketiga paling banyak pada pria dan jenis kanker kedua terbanyak pada wanita. 

Studi terbaru menemukan bahwa di negara berkembang, khususnya di Asia, insiden kanker terus mengalami peningkatan. Perubahan tersebut bisa terjadi karena beberapa faktor, di antaranya adalah faktor gaya hidup dan faktor risiko lingkungan. 

Seseorang yang menderita kanker kolorektal tentu saja akan merasakan beberapa gejala yang dialaminya. Namun sayang sekali, gejala tersebut sering dirasakan oleh para pasien ketika kanker sudah berkembang lebih jauh. Jenis gejalanya pun tergantung ukuran dan lokasi tumbuhnya kanker. Beberapa gejala yang dapat muncul yaitu diare, buang air besar yang terasa tak tuntas, keluar darah pada tinja, mual dan muntah, serta perut yang sering terasa nyeri. 

Dr. dr. Ikhwan Rinaldi, Sp.PD-KHOM, M.Epid, FINASIM, FACP selaku Konsultan Hematologi Onkologi Medik FKUI-RSCM, menjelaskan bahwa ada beberapa faktor yang dapat memicu terjadinya kanker kolorektal. Kira-kira faktor apa saja ya? Untuk mengetahuinya, yuk simak informasi berikut ini! 

Baca Juga: Waspada Kanker Usus Besar! Dokter Ingatkan Pentingnya Skrining Sedini Mungkin