Menu

Sering Dianggap Penyakit Ringan, Ini Bahaya Influenza yang Perlu Kamu Tahu, Pemicu Serangan Jantung dan Stroke!

12 Mei 2023 10:40 WIB
Sering Dianggap Penyakit Ringan, Ini Bahaya Influenza yang Perlu Kamu Tahu, Pemicu Serangan Jantung dan Stroke!

Konferensi Pers Vaksin Influenza (Istimewa/EditedByHerstory)

HerStory, Jakarta —

Dalam rangka memperingati Pekan Imunisasi Sedunia 2023, lebih dari 600 tenaga kesehatan di DKI Jakarta yang menangani pasien lanjut usia dan pasien diabetes divaksin influenza kuadrivalen di RSUD Pasar Minggu, Jakarta Selatan, 11 Mei 2023.

Kegiatan yang melibatkan Dinas Kesehatan DKI Jakarta, didukung Satuan Tugas (Satgas) Imunisasi Dewasa Pengurus Besar Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PB PAPDI) dan perusahaan farmasi Kalventis, guna melindungi para tenaga kesehatan yang merupakan salah satu kelompok berisiko tinggi.

Plt. Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta drg. Ani Ruspitawati, MM mengatakan, tenaga kesehatan merupakan kelompok penting yang harus dilindungi kesehatannya karena berinteraksi langsung dengan pasien. Sehingga berisiko tinggi tertular atau menularkan influenza.

"Ini adalah salah satu bagian komitmen kami untuk membangun layanan kesehatan berlandaskan patient-safety dan kami sangat memperhatikan keamanan dari tenaga kesehatan yang memberikan pelayanan kesehatan," pungkas Ani di RSUD Pasar Minggu, Kamis (11/5/2023).

Di kesempatan yang sama, penasihat Satgas Imunisasi Dewasa PAPDI Prof. Dr. dr. Samsuridjal Djauzi, SpPD, K-AI menambahkan, selain mengurangi risiko penularan di tempat kerja, imunisasi influenza bagi tenaga kesehatan juga penting untuk mengurangi ketidakhadiran para tenaga kesehatan spesialis yang sulit digantikan sehingga keberlangsungan pelayanan kesehatan tetap terjaga.

"Bayangkan jika dokter bedah onkologi kena flu lima hari, maka pasien yang seharusnya dioperasi bisa jadi tertunda," ujar Prof. Samsuridjal.

Baca Juga: GSK Indonesia Bersama Kemenkes dan 4 Asosiasi Medis Tekankan Pentingnya Vaksinasi Lengkap Bagi Seluruh Kalangan Usia

Baca Juga: 13 Tanda Awal Kamu Menderita Serangan Jantung yang Mematikan, Tiati Beauty Jangan Dibiarkan Ya!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Halaman:

Artikel Pilihan