Menu

Risikonya Meningkat saat Cuaca Panas, Begini 5 Cara Mencegah Terkena Infeksi Miss V Moms!

14 Mei 2023 23:00 WIB
Risikonya Meningkat saat Cuaca Panas, Begini 5 Cara Mencegah Terkena Infeksi Miss V Moms!

Kesehatan Miss V (Pinterest/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Belakangan ini Indonesia dan beberapa negara lainnya sedang dilanda cuaca panas. Kondisi ini dapat memengaruhi kesehatan, salah satunya yang berkaitan dengan Miss V, Moms.

Pasalnya cuaca panas akan menyebabkan tubuh cepat berkeringat. Akibatnya ada area tertentu yang menjadi lembab dan menjadi sarang berkembangnya bakteri.

Jika kelembaban Miss V gak bisa dikontrol, maka akan menyebabkan infeksi, seperti infeksi jamur, nyeri, gatal, hingga bau menyengat. Salah satu gangguan yang sering terjadi karena cuaca panas adalah sariawan di area vagina.

Sariawan umum terjadi sebab vagian dan vulva (bagian luar vagina) selalu tertutup dan menyebabkan kelembaban yang berlebih. 

Nah, saat cuaca panas seperti saat ini sedang terjadi, penting bagi Moms untuk mencegah terjadinya infeksi Miss V. Yuk, cari tahu bagaimana cara pencegahannya dalam artikel yang sudah HerStory rangkum berikut ini, Moms.

1. Pilih celana dalam yang menyerap keringat

Bahan celana dalam sangat penting sebab dapat membatu mengontrol keringat area vagina. Sebaiknya gunakan celana dalam yang menyerap keringat, seperti bahan katun. Tak hanya itu, gantilah pakaian dalam secara rutin agar vagina tetap bersih.

2. Gunakan air dan sabun tanpa pewangi

Pada dasarnya vagina memiliki kemampuan untuk membersihkan diri sendiri. Oleh karena itu, jangan gunakan air atau sabun dengan kandungan pewangi sebab dapat menyebabkan terganggunya keseimbangan pH pada vagina. Cukup bersihkan bagian vulva vagina menggunakan air dan sabun tanpa pewangi, ya.

Baca Juga: Bisa Berpengaruh Terhadap Kesehatan kulit, Cusss Intip 5 Tips Lindungi Diri dari Cuaca panas, Jangan Lupakan Nomor 3!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Artikel Pilihan