Menu

Jadi Salah Satu Kanker Mematikan di Dunia, Kenali Gejala Kanker Serviks dan Cara Mencegahnya!

15 Mei 2023 14:10 WIB
Jadi Salah Satu Kanker Mematikan di Dunia, Kenali Gejala Kanker Serviks dan Cara Mencegahnya!

Ilustrasi kanker serviks. (pinterest/freepik)

HerStory, Depok —

Beauty, belakangan masyarakat dibuat khawatir lantaran meningkatnya kasus penyakit menular seksual. Penularannya yang mudah, membuat penyakit menular seksual bisa menyerang seseorang jika mereka tak hati-hati dalam menjalankan kehidupan seksual yang aman. 

Salah satu risiko penyakit yang bisa timbul dari hal ini adalah kanker serviks yang disebabkan oleh penularan virus HPV (Human Papillomavirus). 

"Hingga saat ini, kanker serviks masih menjadi salah satu jenis kanker yang telah menyerang banyak wanita di seluruh dunia," ujar dr. Hendrik Sutopo, M. Biomed, Sp.OG Dokter Spesialis Kandungan RSIA Grand Family, Minggu (14/5/2023).

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan, kasus kanker serviks di Indonesia menempati urutan kedua di kasus kanker terbanyak, mencapai 9,2 total kasus kanker yang ada di Indonesia. 

Kanker serviks adalah jenis kanker di mana sel-sel kanker tumbuh di area leher rahim. Meski menduduki posisi kedua kasus kanker di Indonesia, nyatanya masih banyak yang lalai.

"Seringkali pasien datang ketika kanker sudah tumbuh besar atau bahkan telah menyebar ke organ lain," tambah dr. Hendrik.

Baca Juga: 5 Tanda Kalau Kamu Alami Kanker Serviks, Salah Satunya Keputihan dengan Bau Tak Sedap!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Halaman:

Artikel Pilihan