Seminar ‘Women and IP: Accelerating Innovation and Creativity’ yang diselenggarakan di The Ritz-Carlton, Jakarta pada Selasa (16/5/2023) (Noorma/HerStory)
Beauty, apakah kamu tahu bahwa merek merupakan hal yang penting dalam membangun bisnis. Apalagi, kamu wajib mendaftarkan merek dagang ke Hak Kekayaan Intelektual (HKI) untuk mendapatkan perlindungan dan keuntungan dari sebuah merek.
Dengan mendaftarkan merek, maka bisnis kamu terbukti sah dan dilindungi secara hukum. Gak hanya itu, ada keuntungan lain dari mendaftarkan merek yang wajib kamu ketahui.
Dalam seminar ‘Women and IP: Accelerating Innovation and Creativity’ yang diselenggarakan di The Ritz-Carlton, Jakarta pada Selasa (16/5/2023), Lusi Dekrisna selaku Pemeriksa Merek Utama DJKI menjelaskan tentang pentingnya sebuah merek.
Kira-kira apa saja keuntungan memiliki dan mendaftarkan merek ke HKI? Yuk, simak selengkapnya dalam artikel berikut ini, Beauty.
Di tengah banyaknya produk yang mirip, kamu harus menonjolkan produk kamu lewat merek. Ini merupakan identitas yang menjadi salah satu pacuan sekaligus pertimbangan seseorang untuk berbelanja.
Jadi merek ini merupakan wajah dari bisnis yang kamu miliki, Beauty. Lusi menjelaskan bahwa jika kamu memiliki merek tertentu, maka merek tersebut akan diingat dan dipilih oleh pelanggan saat dihadapkan dengan produk serupa.
“Kita tahu kalau kita jalan ke supermarket dijejalkan berbagai produk. Misal ada banyak merek jus jeruk yang mana masing masing produk ingin produknya dilihat sehingga harus memiliki daya pembeda dari yang lainnya,” jelas Lusi.
Selanjutnya adanya merek akan memberikan nilai tambah bagi produk kamu. Jika ada produk yang sama, maka produk dengan merek tertentu dapat dipasarkan dengan harga lebih tinggi sebab dinilai lebih kredibel.
Adanya merek memberikan citra baik dan meningkatkan nilai produk.
“Ada merek memiliki nilai tambah terhadap produk,” lanjutnya.
Merek akan membangun reputasi bisnis. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, adanya merek akan meningkatkan keyakinan pelanggan akan kelayakan produk yang kamu tawarkan.
Reputasi yang baik tercipta dari merek. Dengan begitu, penjualan kamu juga meningkat karena citra merek yang baik tersebut.
“Merefleksikan dan mencitrakan suatu produk. Yang meningkatkan keyakinan konsumen untuk menggunakan produk tersebut,” tandasnya.
Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.