Menu

Nggak Cuma Orang Dewasa, Anak Juga Bisa Alami Depresi, Kenali 3 Pemicu yang Nggak Banyak Orang Tahu

19 Mei 2023 21:00 WIB
Nggak Cuma Orang Dewasa, Anak Juga Bisa Alami Depresi, Kenali 3 Pemicu yang Nggak Banyak Orang Tahu

Ilustrasi anak laki-laki menangis. (Freepik/fwstudio)

HerStory, Rembang —

Depresi tak hanya dialami oleh orang dewasa, tapi anak-anak juga bisa mengalaminya. Kondisi psikologis ini bisa disebabkan oleh banyak faktor, mulai dari lingkungan, pekerjaan, faktor genetik hingga hubungan asmara Moms.

Selain itu, pertengkaran pada teman juga bisa memicu pertengkaran pada anak lho Moms. Ini karena anak-anak memang sering mengalami perubahan suasana hati atau mood.

Nah, berikut ini beberapa hal yang nggak disangka-sangka bisa menyebabkan depresi pada anak, seperti dilansir dari berbagai sumber, Jumat (19/5/2023).

1. Media sosial

Maraknya media sosial ternyata menjadi salah satu sumber pemicu persaingan, lho Moms. Semakin banyak waktu yang dihabiskan untuk bermain media sosial, makin tinggi pula risiko tekanan mental yang dialami. Bahkan bisa saja berujung pada stres hingga depres.

Apalagi kalau anak juga mengalami cyberbullying saat bermain media soisal. Tentu dampaknya akan sangat berpotensi menyerang psikis, ya.

2. Stres di sekolah

Tingginya tuntutan akademis, ekspektasi orang tua, bahkan adanya perilaku bullying yang dilakukan teman-teman di sekolah juga bisa menjadi pemicu depresi pada anak, Moms.

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Oleh: Sri Handari