Menu

Jangan Asal Diet Jadi Bahaya! Inilah 3 Jenis Diet yang Direkomendasikan oleh Pakar, Dijamin Berat Badan Turun Tubuh Tetap Sehat!

20 Mei 2023 11:05 WIB
Jangan Asal Diet Jadi Bahaya! Inilah 3 Jenis Diet yang Direkomendasikan oleh Pakar, Dijamin Berat Badan Turun Tubuh Tetap Sehat!

Ilustrasi Stroberi dan Pita Pengukur (Pexel/Lisa)

HerStory, Jakarta —

Umumnya para wanita ingin memiliki bentuk tubuh yang ideal dan sehat. Tak heran banyak di antara kita yang rela merogoh kocek demi mendapatkan berat badan ideal.

Salah satu cara agar mendapatkan berat badan ideal tentu dengan rutin berolahraga. Tak hanya olahraga Beauty, kamu juga bisa lakukan metode diet sehat.

Menurut Dr. Oki Yonatan O., Sp.GK

Dokter spesialis gizi klinik Eka Hospital BSD, menentukan pola diet bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan.

"Menentukan pola diet mungkin bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Karena setiap orang memiliki proporsi serta reaksi tubuh yang berbeda-beda. Banyak orang yang berhasil mencapai berat badan idealnya dalam diet pertamanya, namun ada juga yang tak kunjung berhasil setelah mengikuti berbagai banyak program diet," ungkap dr. Oki.

Berdasarkan dari keterangan tersebut, ternyata tak semua diet memiliki dampak yang baik bagi tubuh, ada beberapa jenis diet yang sebenarnya tidak baik untuk dilakukan dan tidak cocok untuk orang-orang tertentu.

Kenapa Tidak Semua Diet Cocok Untuk Kita?

Diet memang dirancang untuk mencapai berat badan ideal sebagaimana mestinya. Jika dilakukan tanpa pengetahuan yang benar, diet hanya akan membuang waktu dan tenaga, bahkan dapat membahayakan kesehatan.

Seperti contoh, diet intermittent fasting yang merupakan diet yang terinspirasi dari metode puasa. Di mana seseorang hanya akan mengonsumsi kalori sesuai kebutuhannya dan berpuasa selama 14 - 16 jam kedepannya.

Jenis diet ini memiliki segenap manfaat, dimana salah satunya yaitu menurunkan berat badan. Diet intermittent fasting sudah sering dilakukan banyak artis, seperti Nicole Kidman dan Beyonce.

Meski terkesan sehat, diet ini tidak cocok untuk semua orang, karena jenis diet tersebut bisa saja menyebabkan masalah pada sistem metabolisme dan justru malah mengganggu kesehatan, terutama jika kamu memiliki riwayat penyakit pencernaan.

Ada baiknya kamu menentukan jenis diet dengan bijak sebelum akhirnya melakukannya. Apa Saja Jenis Diet yang Sudah Terbukti Manfaatnya?

Ada banyak jenis diet yang bisa kamu coba, namun sebaiknya cari tahu dulu mana pola diet yang sehat dan cocok untuk tubuh.

Berikut adalah beberapa daftar diet aman dan telah terbukti memiliki manfaat:

1.Diet Keto

Diet ketogenik atau diet keto adalah salah satu jenis diet yang sudah cukup populer di kalangan masyarakat.

Diet keto merupakan diet yang memfokuskan kamu untuk mengonsumsi lebih banyak protein daripada karbohidrat sebagai sumber energi utama.

Baca Juga: Agustus Auto Kurus, Intip Yuk Tips Menurunkan Berat Badan Secara Singkat Tanpa Perlu Olahraga Berat

Baca Juga: Bisa Jadi Pengganti Camilan Ringan, Ini 5 Jenis Makanan yang Cocok Dikonsumsi saat Diet, Bisa Bakar Kalori Moms

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Oleh: Nailul Iffah

Artikel Pilihan