Menu

Selain Bisa Mencerahkan Kulit, Ini 3 Manfaat Tomat untuk Wajah, Sudah Tahu Belum Beauty?

22 Mei 2023 01:25 WIB
Selain Bisa Mencerahkan Kulit, Ini 3 Manfaat Tomat untuk Wajah, Sudah Tahu Belum Beauty?

Tomat (unsplash/Lars Blankers)

HerStory, Bekasi —

Enggak hanya digunakan sebagai bahan masakan saja, tomat juga bermanfaat untuk kesehatan kulit wajah, lho. Buah tomat diketahui tinggi antioksidan seperti flavonoid dan likopen yang bisa melindungi kulit dari dampak radikal bebas.

Selain itu, rutin mengonsumsi tomat atau menggunakannya sebagai masker bisa membuat kulit wajah semakin glowing. Melansir dari berbagai sumber, berikut manfaat tomat untuk wajah.

Mencegah penuaan dini

Tomat diketahui dapat mencegah penuaan dini. Hal ini berkat kandungan vitamin B di dalamnya. Vitamin B berperan dalam perbaikan sel kulit sehingga bisa mencegah munculnya garis-garis halus, kerutan, dan bintik-bintik penuaan.

Mengangkat sel kulit mati

Untuk mengangkat sel kulit mati, kamu perlu melakukan eksfoliasi secara rutin. Tomat bisa digunakan sebagai agen eksfoliasi wajah karena mengandung pektin dan flavonoid.

Caranya cukup mencampurkan tomat yang telah dihaluskan dengan gula secukupnya. Selanjutnya, oleskan ke kulit wajah dan lakukan gerakan memutar secara perlahan.

Meredakan iritasi kulit

Tomat kaya akan senyawa anti inflamasi yang meredakan iritasi dan menenangkan kulit. Hal ini karena tomat memiliki kandungan vitamin C dan E dalam jumlah besar.

Cara mengaplikasikannya bisa digunakan sebagai scrub wajah atau sebagai masker. Bila menggunakan masker tomat setiap hari, manfaatnya untuk wajah yaitu bisa mengurangi peradangan yang terjadi dan membuat kulit wajah lebih sehat.

Baca Juga: Bisa Jaga Kesehatan Mata, Ini Lho Manfaat Lain Jika Sering Konsumsi Tomat, Nomor 2 Manfaatnya Gak Kaleng-kaleng!

Baca Juga: Bukan Dijus, Ternyata Tomat Rebus Bisa Cegah Kanker hingga Turunkan Berat Badan, Mau Coba 'Keajaibannya' Sendiri?

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Oleh: Cherryn Lagustya

Artikel Pilihan