Beauty pernah enggak sih merasa tiba-tiba merinding? Biasanya kalau di malam hari kita sering tiba-tiba merasa merinding. Padahal lagi enggak ada apa-apa. Merinding juga terkadang dikaitkan dengan mitos tertentu. Katanya, kalau kita merinding berarti ada hantu di sekitar kita! Waduh, Beauty yang penakut pasti makin terngiang-ngiang mitos ini kalau lagi merinding. Tapi sebenarnya apa sih penyebab kita merinding? Benar enggak ya merinding karena di sekitar kita ada makhluk halus?

Normalnya, seseorang akan merasa merinding di berbagai keadaan seperti saat kedinginan, takut, senang, terangsang secara seksual, dan tekanan emosional yang kuat. Merinding juga biasanya terjadi pada kegiatan tertentu seperti saat buang air kecil. Kondisi ini biasanya ditandai dengan tegaknya bulu pada badan dan permukaan kulit menjadi sedikit kasar. Nah kondisi itu ternyata salah satu cara tubuh untuk memberikan “peringatan” pada kita.

Tubuh yang kedinginan umumnya akan merinding karena itu merupakan salah satu cara untuk mempertahankan suhu badan. Saat kita merasa kedinginan, otot yang terhubung dengan rambut akan berkontraksi dan akhirnya menegang. Ini menjadi cara yang ampuh untuk menyimpan panas biar enggak keluar dari tubuh. Ketika tubuh udah cukup hangat, bulu di tubuh kita akan normal kembali. Biasanya hal ini akan terjadi selama beberapa detik saja. Jadi jangan khawatir ya Beauty.