Menu

Kasus Cerai Makin Marak, Berapa Sih Biaya yang harus Dikeluarkan untuk Berpisah? Jangan Kaget Ya Moms!

23 Mei 2023 07:20 WIB
Kasus Cerai Makin Marak, Berapa Sih Biaya yang harus Dikeluarkan untuk Berpisah? Jangan Kaget Ya Moms!

Ilustrasi istri lebih memilih anak daripada suami (Freepik/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Belakangan ini banyak sekali kasus perceraian. Bahkan, dari kalangan artispun sudah ada beberapa pasangan yang menggugat cerai entah karena alasan personal atau orang ketiga.

Akhirnya, biaya gugat cerai pun menjadi pertanyaan bagi banyak orang. Tak bisa dipungkiri, perceraian memang hal yang sangat menakutkan di dunia pernikahan.

Biasanya, perceraian akan dimulai dengan seringnya percekcokan, perbedaan pendapat hingga orang ketiga. Bahkan, hal kecil pun bisa menjadi alasan perceraian lho Moms.

Jika kamu berniat untuk cerai, tentu saja ada beberapa hal yang harus dipersiapkan seperti mental dan fisik. Selain itu, ada pula biaya gugat cerai yang bisa saja berbeda-beda, bergantung dengan kebijakan pengadilan.

Biasanya seseorang yang menggugat cerai harus mempersiapkan dana untuk kepentingan seperti:

  • Biaya pendaftaran perkara.
  • Materai.
  • Administrasi.
  • Redaksi.
  • Biaya panggilan untuk penggugat 2 kali dan untuk tergugat 3 kali.

Rupanya, biaya panggilan tergantung kepada radius jarak tempat tinggal penggugat dan tergugat dengan pengadilan, dikutip Tirto.

Hakim dan Humas Pengadilan Agama Jakarta Selatan kelas 1A, Drs Faizal Kamil, S.H., M.H. mengatakan, mengurus perceraian di pengadilan agama juga harus menyiapkan uang.

Baca Juga: Suami Kepergok Selingkuh hingga Zina, Wajib Dicerai Gak Sih? Simak Yuk Moms Pendapat Buya Yahya!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Oleh: Azka Elfriza

Artikel Pilihan