Menu

Beauty... Kutil Kelamin Bukan Penyakit yang Memalukan Kok! Pakar Ahli Minta Agar Kita Bisa Lebih Aware: Berani untuk Jujur

24 Mei 2023 16:00 WIB
Beauty... Kutil Kelamin Bukan Penyakit yang Memalukan Kok! Pakar Ahli Minta Agar Kita Bisa Lebih Aware: Berani untuk Jujur

Pentingnya mengobati kutil kelamin yang berisiko jadi penyebab Kanker serviks

HerStory, Jakarta —

Beauty, orang yang terkena kutil kelamin jadi salah satu pemicu atau berisiko besar terkena penyakit kanker serviks jika tak ditangani sedini mungkin.

"Genital warts atau yang dalam bahasa Indonesia kita sebut sebagai kutil kelamin adalah penyakit kelamin yang sangat menarik, karena penyakit ini silent, juga tidak bergejala, dan kadang-kadang dimiliki oleh si penderitanya tanpa ketahuan,” ujar dr. Anthony Handoko, SpKK, FINSDV dalam acara Life Before and After Genital Warts di Jakarta, Selasa (23/5/2023).

Sehingga, penting bagi kita khususnya para wanita untuk meningkatkan kesadaran terhadap penyakit kutil kelamin yang rentan menular.

Pasalnya, jika kutil kelamin dibiarkan, penyakit ini dapat bertransformasi menjadi kanker serviks yang cukup fatal, khususnya untuk wanita.

“Kutil kelamin disebabkan oleh sebuah virus yang spesifik, virus HPV (human papillomavirus). Nah, virus ini sebenarnya banyak jenisnya, ada 200 tipe lebih, tapi yang paling sering menyebabkan kutil kelamin adalah HPV yang tipe risiko rendah, yakni tipe 6 dan 11," jelas dr Amelia Setiawati Soebyanto, Sp.DV, Spesialis Dermatologi Venereologi dalam acara yang sama.

Selain tipe 6 dan 11, terdapat juga tipe HPV yang berisiko tinggi seperti tipe 16,18,31,33,45, 52 dan 58.

"Ini yang terbukti paling sering menyebabkan keganasan,” tambah dr Amelia.

Dijelaskan dr Amelia, ada beragam faktor yang dapat meningkatkan risiko penularan penyakit yang diderita oleh 160-289 orang per 100.000 penduduk per tahun ini.

Baca Juga: Jadi Penyebab Kematian Tertinggi di Indonesia, MSD Gandeng Kemenkes Berikan Edukasi untuk Cegah Kanker Serviks dengan Imunisasi HPV

Baca Juga: 5 Tanda Kalau Kamu Alami Kanker Serviks, Salah Satunya Keputihan dengan Bau Tak Sedap!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Halaman: