Beauty, kesehatan gusi ternyata punya pengaruh yang besar terhadap kesehatan gigi dan mulut. Banyak dari kita juga punya gusi yang sensitif. Tapi Beauty pernah enggak sih gusi menjadi sering berdarah? Padahal Beauty sedang enggak makan atau minum sesuatu tapi masih sering berdarah. Mungkin keadaan ini akan sembuh dalam beberapa hari. Tapi sebaiknya Beauty waspada ya. Gusi yang sering berdarah bisa jadi menandakan suatu penyakit atau gangguan kesehatan yang lebih serius.

Gusi berdarah biasanya disebabkan karena cara menyikat gigi yang enggak benar atau terlalu keras. Sikat gigi yang terlalu kasar juga bisa bikin gusi jadi rentan berdarah lho Beauty. Coba perhatikan lagi sikat gigimu ya, jangan gunakan sikat yang bulunya terlalu kasar. Selain karena cara menyikat dan juga sikat gigi, gusi yang berdarah juga bisa jadi penyebab beberapa penyakit yang ada di mulut.

Baca Juga: Hati-Hati! Bibir Kamu Suka ada Luka Melepuh? Bisa Jadi karena Herpes Simples, Tuh!

Radang gusi menjadi salah satu penyakit yang punya gejala gusi berdarah. Penyakit ini ditimbulkan karena plak gigi yang menempel di gusi. Plak ini akan mengeras dan membentuk karang. Nah karang gigi ini yang bisa bikin gusi jadi meradang. Kalau karang gigi udah terlalu banyak, akibatnya gusi jadi lebih rentan berdarah. Karena itu, coba Beauty cek lagi apakah plak atau karang di gigi udah terlalu menumpuk. Kalau iya, Beauty bisa berkonsultasi kepada dokter agar dilakukan tindakan medis.