Menu

Sering Gonta-ganti Pasangan Bisa Sebabkan Kutil Kelamin, Dampaknya Bakal Tertular ke Bayi Baru Lahir, Tiati Moms!

25 Mei 2023 09:45 WIB
Sering Gonta-ganti Pasangan Bisa Sebabkan Kutil Kelamin, Dampaknya Bakal Tertular ke Bayi Baru Lahir, Tiati Moms!

Ilustrasi Kutil Kelamin (Freepik/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Kutil kelamin genital warts) atau kondiloma akuminata masih sering disepelekan. Padahal, sekitar 50 persen kasusnya bisa bertransformasi menjadi penyakit yang ganas seperti kanker serviks.

Kutil kelamin disebabkan oleh Human Papilloma Virus (HPV). Dampak dari virus ini tak hanya sakit secara fisik tetapi juga pada mental penderitanya.

Tipe HPV yang paling sering mengakibatkan kutil kelamin yaitu tipe 6 dan tipe 11, sebanyak 90-95 persen kasus.

Menurut data statistik dunia, insiden kutil kelamin dilaporkan 160-289 kasus per 100 ribu penduduk per tahun dan kasus baru pada wanita 76-191 per 100 ribu penduduk.

Di Indonesia, laporan kasus kutil kelamin di Bali selama 3 tahun (2015-2017) sebanyak 260 dari 4743 (5,47 persen) orang menderita kutil kelamin. Sedangkan di Surabaya ditemukan 318 dari 3674 (8,7 persen) orang dengan kutil kelamin.

Dokter Spesialis Dermatologi Venereologi, dr. Amelia Setiawati Soebyanto, Sp.DV, mengungkap bahwa tipe HPV yang menyebabkan kutil kelamin memang gak sama dengan tipe HPV yang menyebabkan kanker serviks.

Dalam beberapa kasus, ketika kutil kelamin terjadi pada leher rahim atau di dalam vagina, hal ini menyebabkan perubahan serviks (displasia), pada akhirnya bisa berujung pada kanker serviks sebagai bentuk komplikasinya.

Dijelaskan dr Amelia, transmisi atau penularan kutil kelamin ini sebagian besar melalui hubungan atau kontak seksual antara kulit dengan kulit maupun dengan mukosa yang basah dan lembap.

Baca Juga: Bahaya! Kutil Kelamin Bisa Berubah Jadi Kanker Jika Dibiarkan, Jangan Sampai Terlambat Tangani Ya Beauty!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Artikel Pilihan