Menu

Bahaya Ibu Hamil Alami Kutil Kelamin, Si Kecil yang Baru Lahir Bisa Ikut Tertular, Begini Moms Cara Penanganannya!

25 Mei 2023 10:40 WIB
Bahaya Ibu Hamil Alami Kutil Kelamin, Si Kecil yang Baru Lahir Bisa Ikut Tertular, Begini Moms Cara Penanganannya!

Ilustrasi ibu hamil alami penyakit kutil kelamin (Freepik/Hellosehat)

HerStory, Jakarta —

Beauty, organ genital adalah bagian tubuh yang paling sering diabaikan. Padahal, bagian tubuh yang satu ini rentan terserang penyakit, salah satunya kutil kelamin.

Kutil kelamin atau genital warts adalah penyakit infeksi menular seksual (IMS) yang disebabkan oleh Human Papilloma Virus (HPV) tipe 6, 11, 30, 42, 43, 44, 45, 51, 52, dan 54.

“Siapa pun yang aktif secara seksual berisiko tertular HPV bahkan jika berhubungan seks hanya dengan satu orang. Seseorang bisa tertular HPV melalui hubungan seks vaginal, anal, atau oral dengan seseorang yang sudah terinveksi virus,” ujar dr. Anthony Handoko, SpKK, FINSDV beberapa waktu lalu.

Pada beberapa kasus, infeksi kutil kelamin bisa ditularkan tanpa melalui kontak seksual loh. Misalnya pada saat persalinan.

“Saat persalinan normal bayi akan keluar melalui vagina. Pada saat itu ada kontak antara ibu dan anak. Jika ibunya menderita kutil kelamin maka anaknya berpotensi memiliki kutil kelamin juga,” terang dr Anthony.

Banyak calon ibu yang menunda terapi untuk menyembuhkan kutil kelaminnya. Mereka berpikir, perawatan yang akan mereka dapatkan akan berpengaruh pada janin yang dikandung.

“Perawatan hanya di kulit kelamin saja. Jadi gak akan berpengaruh pada pertumbuhan janin,” jelas Dokter Anthony.

Dijelaskan dr Anthony, treatment untuk penderita kutil kelamin yang sedang mengandung bisa dimulai kapan saja baik di trimester pertama, kedua atau bahkan ketiga.

Baca Juga: Gak Cuma Orang Dewasa, Ini 3 Penyakit Menular Seksual yang Bisa Serang Anak-anak, Waspada Ya Moms!

Baca Juga: Profil Venny Alberti, Selebgram yang Kena Peyakit Kelamin Gegara Suami Doyan 'Jajan di Luar' dan Ganti Wanita 5 Kali Sehari! Alamak...

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Artikel Pilihan