Menu

Beauty Ada Kabar Bahagia! Kemenkes Bakal Adakan Program Vaksin HPV Secara Gratis, Simak Penjelasannya Di Sini

26 Mei 2023 11:05 WIB
Beauty Ada Kabar Bahagia! Kemenkes Bakal Adakan Program Vaksin HPV Secara Gratis, Simak Penjelasannya Di Sini

Ilustrasi seorang wanita sedang vaksin HPV sebagai upaya pencegahan kanker serviks. (Freepik/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Beauty, vaksin human papillomavirus (HPV) kini diberikan secara gratis. Vaksin yang berfungsi menekan risiko kanker serviks ini masuk ke dalam program imunisasi rutin.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyatakan bahwa program pemberian vaksinasi HPV akan diberikan secara gratis di tahun ini secara merata di seluruh Indonesia.

Hal tersebut guna mencegah kasus kanker leher rahim (kanker serviks) pada wanita. Budi mengatakan, vaksin HPV dapat diberikan kepada anak perempuan mulai kelas 5 dan 6 SD.

Selain vaksinasi, Budi juga menyebut pihaknya tengah menyiapkan program percontohan untuk pemeriksaan kanker serviks menggunakan metode HPV DNA Test.

Percobaan HPV DNA test dilakukan di lima kota di Provinsi DKI Jakarta, yaitu Jakarta pusat, Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Jakarta Utara dan Jakarta Timur.

“Hal ini kita dilakukan karena ke depannya akan ada tambahan program pengembangan metode Genome Sequencing di 38 Laboratorium Kesehatan Masyarakat di Indonesia,” ujar Budi lewat keterangan resminya, Kamis (25/4/2023).

Layanan kanker merupakan prioritas utama Kementerian Kesehatan sebagai wujud transformasi sistem kesehatan di Indonesia.

Baca Juga: Jadi Penyakit yang Berbahaya, Yuk Cegah Kanker Serviks dengan Vaksin HPV, Begini Penjelasan Ahli, Simak Beauty!

Baca Juga: Kanker Serviks Ancam Wanita Indonesia, Kemenkes Luncurkan Metode HPV DNA Sebagai Upaya Deteksi Dini, Begini Cara Kerjanya Moms!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.