Menu

Menarik! Menurut Penelitian Cuka Ternyata Bisa Bantu Atasi Krisis Iklim Lho, Yuk Simak Penjelasannya...

26 Mei 2023 15:05 WIB
Menarik! Menurut Penelitian Cuka Ternyata Bisa Bantu Atasi Krisis Iklim Lho, Yuk Simak Penjelasannya...

Cuka (Sumber/Healthline)

HerStory, Jakarta —

Cuka merupakan cairan dengan berbagai manfaat, baik untuk kebutuhan pangan hingga menjadi pembersih. Bahkan, baru-baru ini ada penelitian mengungkapkan, cuka dapat membantu mengatasi krisis iklim. 

Mengutip dari Phys, Jumat (26/5/2023) insinyur kimia di Universitas Monash mengembangkan proses industri menggunakan kelebihan karbon dioksida (CO2) di atmosfer untuk menghasilkan asam asetat. Nah, CO2 tersebut memiliki potensi untuk menciptakan emisi karbon negatif.

Seperit diketahui, kandungan CO2 yang berlebih di atmosfer menjadi penyebab utama pemanasan global dan perubahan iklim.

Nah, dengan pengolahan CO2 tersebut membantu menghasilkan asetat yang merupakan bahan kimia penting dalam beberapa proses industri, seperti cuka rumah tangga, cat vinil dan lem.

Penelitian pertama di dunia ini, diterbitkan di Nature Communications menunjukkan, asam asetat dapat dibuat dari CO2 yang ditangkap menggunakan katalis padat ekonomis untuk menggantikan katalis berbasis rodium atau iridium cair.

Katalis cair membutuhkan proses pemisahan dan pemurnian tambahan. Menggunakan katalis padat terbuat dari metode produksi yang tak memerlukan pemrosesan lebih lanjut juga mengurangi emisi.

Peneliti utama Associate, Professor Akshat Tanksale mengatakan, penelitian itu bisa menjadi praktik yang diadopsi secara luas untuk industri. 

Baca Juga: 3 Perabotan Rumah Tangga Ini Bisa Dibersihkan Pakai Cuka, Gak Perlu Effort Banyak Hasilnya Auto Kinclong!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Oleh: Ummu Hani

Artikel Pilihan