Membangun bahtera rumah tangga adalah impian semua orang, namun bukanlah perkara hal yang mudah. Bahkan masih banyak pasangan yang berakhir dengan percerain. Oleh karena itu dibutuhkan bekal yang mantap untuk melaju ke jenjang pernikahan. 

meskipun banyak pasangan yang berakhir dengan cerai di tengah jalan, namun pernikahan yang langgeng adalah dambaan semua orang. pasti setiap orang hanya ingin menikah sekali dalam seumur hidupnya, yaitu pernikhan yang sakral serta menjadi pernikahan pertama dan pernikahan terakhirnya. 

Dilansir dari berbagai sumber (08/02/2021), Inilah bekal yang harus kamu persiapkan sebelum melangkah ke jenjang pernikahan agar gak cerai di tengah jalan: 

1. Tujuan Menikah 

Kamu dan pasangan harus memiliki tujuan pernikahan yang sama. Berbagai tujuan dan alasan setiap orang bahkan pasangan untuk melaju kejenjang pernikahan, misalnya ibadah, menghindari dosa, ingin hidup selamanya bersama ornag yang dicintai atau hanya sekadar status menikah. 

Hal yang terpenting adalah kamu harus memiliki tujuan yang sama bersama pangan.  Jangan sampai kamu dan pasangan berbeda tujuan, jika iya, diskusikan lebih baik sebelum melangsungkan pernikahan. Jika gak memungkinkan kesamaan tujuan, jangan memaksakan. Banyak pasangan yang bercerai di tengah jalan karena terlalu memaksakan sejalan, pada akhirnya ada salah satu yang terpaksa hingga terluka. 

2. Siapkan Visi-Misi 

Pernikahan adalah jalan untuk membangun sebuah bahtera rumah tangga. Kamu harus ingat menjalani rumah tangga, bukanlah mewujudukan kehidupanmu sendiri melainkan berdua bersama dengan pasanganmu. Oleh karena itu, kamu dan pasangan harus memiliki visi-misi yang sama dan kuat. Gak boleh mementingkan ego masing-masing pihak. 

Alangkah baiknya, kamu dan pasangan mendiskusikan visi-misi rumah tangga sebelum melaju ke jenjang pernikahan. Diskusikanlah bagaiamana rumah tangga yang kalian inginkan secara detail, bagaiamana menyelesaikan permasalahan rumah tangga yang nanti datang, mau tinggal di mana, bagaimana cara mengurus anak, dan lainnya.

Memang semua hal itu belum terjadi, dan bisa direncanakan seiring berjalannya waktu ketika kalian sudah berumah tangga. Namun memperisapkan semuanya dari awal adalah jalan terbaik agar untuk membangun rumah tangga yang harmonis dan sejahtera. 

3. Diskusikan Masalah Rumah Tangga

Sebelum membangun sebuah rumah tangga, kamu dan pasangan harus mendiskusikan mengenai masala-masalah yang muncul dalam rumah tangga dan bagaimana menyikapinya. Kalian juga harus memutuskan bagaiamana peran, tugas, dan fungsi dari masing-masing pasangan, misalnya keputusan untuk mencari nafkah. 

Selain itu, kamu dan pasangan harus terbuka mengenai kebiasaan baik dan kebiasaan buruk. Jangan ada hal yang ditutupi karena jika menikah kalian akan tinggal bersama dan saling menerima dan memaklumi kebiasan baik atau buruk dari pasangan adalah kunci langgengnya sebuah pernikahan. 

4. Diskusikan Keuangan 

Kamu sudah tahu belum kalau keuangan termasuk dalam hal yang terpenting ketika berumah tangga? Banyak loh pasangan yang cerai hanya karena masalah keuangan. Maka dari itu, kamu dan pasangan perlu membicarakan manajemen keuangan sejak dini sebelum melangkah ke jenjang pernikahan. 

Terbukalah mengenai masing-masing gaji dan bagaiamana cara mengelola gaji. Biacarakan juga hal-hal apa yang dapat menguras gaji kalian. Jujurlah diantara kalian mengenai siapa yang lihai dalam mengatur keuangan. Lalu tentukan siapa yang menjadi pemegang kendali penuh mengani keuangan rumah tangga. Buatlah aturan mengenai cash flow yang berlaku nantinya, misalnya berapa persen untuk tabungan, berapa persen untuk kebutuhan, berapa persen untuk hiburan, dan lainnya. 

5. BIcarakan Investasi Jangka Panjang 

Agar keuangan rumah tangga tetap terjaga tanpa memicu pertengkaran yang berujung penceraian, investasi adalah jalan tengah untuk megatasi semuanya. Biacarakan dengan pasangan kamu mengenai investasi jangka panjang dan persiapannya. Kamu dan pasangan bisa membicarakan jenis investasi apa yang cocok untuk kalian, misalnya logam mulia, deposito, bermain di bursa saham, dan lainnya. Jangan sepele kan hal ini ya! Investasi sangat penting loh untuk masa tua kalian. 

Baca Juga: Ini Dia Rangkaian Acara Adat Pernikahan Termewah di Indonesia

Jadi, sudah siapkah kamu untuk menikah? Usahakan 5 hal di atas benar-benar siap ya! Siapkan semuanya dari hati jangan terpaksa, apa lagi karena gerah denger pertanyaan tetangga "kapan nikah?". Ingat pernikahan adalah hal yang sakral dan perlu dipersiapkan dengan matang!