Perasaan sedih dan gembira memang wajar adanya di dalam diri manusia. Namun ketika anak laki-laki sering merasa sedih dan mudah menangis, apakah hal tersebut wajar?

Banyak yang menandai seorang pria menangis dengan label lemah dan memalukan. Padahal yang terjadi sesungguhnya enggak seperti itu. 

Bukan hanya wanita yang mudah menangis, sering kali ditemui pria yang peka perasaannya dan mudah merasa sedih. Tetapi ketika mereka menangis, seorang anak pria malah dibilang enggak jantan.

Menangis adalah hal yang wajar. Yang harus dilakukan orang tua ketika putranya menangis, bukanlah memarahinya dan meminta anak untuk berhenti, namun beri pengertian kepada anak tentang emosi dirinya sendiri. Minta anak merasakan apa yang ada di perasaannya dan mengenali perasaan tersebut hingga akhirnya mereka bisa mengontrol emosinya sendiri.

"Coba anak untuk mengungkapkan perasannya, apa yang membuat dia menangis untuk kemudian merespon atas masalahnya. Ketika anak menangis, penting orang tua untuk hadir," ujar Budi Prasetya Santosa M.A. dilansir dari kanal YouTube Tanam Benih Foundation (09/02/21).

"Jadi coba kita berbicara apa yang membuat dia menangis. Bagaimana anak laki-laki ini mengutarakan perasannyaa," sambungnya.

Anak laki-lali yang menangis enggak selalu karena merasa sedih, bisa jadi emosi karena marah kepada orang tuanya, ingin membalas, diperlakukan enggak adil sampai akhirnya ia menangis. 

Baca Juga: Begini Cara Memuji Anak agar Mereka Terus Termotivasi

Maka dari itu setiap orang perlu tahu apa alasan di balik tangisan mereka. Menangis adalah salah satu bentuk dari emosi, namun banyak emosi yang tertuang di dalamnya sehingga kita perlu tahu apa yang membuat seseorang menangis.