Saat sedang mengandung buah hati, tubuh ibu hamil akan mengalami banyak perubahan dan tak sedikit juga yang mengalami banyak keluhan, salah satunya adalah rasa nyeri pada selangkangan. Apakah moms pernah mengalami hal itu? 

Jika kamu pernah atau sedang mengalami nyeri pada area selangkangan, tak perlu khawatir ya karena situasi tersebut cukup wajar dialami oleh ibu hamil. Dalam istilah medis hal itu disebut dengan lightning crotch pain, yaitu rasa super nyeri atau sensasi tersengat listrik pada area selangkangan. 

Lightning crotch pain cukup umum dialami oleh para ibu hamil yang sudah memasuki trimester akhir kehamilan. Biasanya kondisi tersebut akan terjadi selama beberapa detik saja dan dapat hilang dengan sendirinya, jadi moms tak perlu khawatir. 

Rasa nyeri pada area selangkangan tersebut dapat diatasi dengan berbagai cara, di antaranya adalah dengan aktif bergerak, melakukan pijat kehamilan, berenang, hingga memakai ikat pinggang khusus. 

Sampai saat ini belum dikatahui pasti apa yang menjadi penyebab terjadinya lightning crotch pain, namun ada beberapa hal yang diperkirakan sebagai pemicu kondisi tersebut. Para ahli memperkirakan bahwa rasa nyeri pada area selangkangan disebabkan oleh tekanan dan posisi bayi yang semakin mendekat ke jalan lahir.

Baca Juga: Selain Sayur dan Buah, Biji-bijian Ini Juga Baik Dikonsumsi saat Hamil, Lho Moms!

Tapi perlu diingat, jika rasa nyeri tersebut disertai dengan gejala lain seperti demam, keluarnya cairan, hingga perdarahan, segera kunjungi dokter untuk mendapat penanganan ya moms!