Ilustrasi bisnis kado rumahan. (Pexels/Gabby K)
Beauty, gak dipungkiri bahwa di era digital ini perkembangan bisnis kian menjamur yang mana ada dampak positif dan negatifnya bagi pemilik usaha. Kamu diuji untuk memiliki bisnis yang dapat bersaing di tengah ramainya bisnis lain yang ada di pasar digital.
Kamu harus memiliki strategi bisnis yang baik untuk meningkatkan penjualan. Kamu juga harus memanfaatkan platform digital yang mana menjasi salah satu tempat jual beli yang praktis dan banyak diminati.
Sebagai salah satu eCommerce di Indonesia, Lazada membuka peluang ekonomi yang sangat besar di dalam ekosistem ekonomi digitalnya dan terbuka bagi siapa pun yang mau berusaha. Oleh karena itu, trainer Lazada University memberikan beberapa tips untuk mengembangkan bisnis online yang wajib kamu ketahui untuk membuat penjualan meroket tajam.
Foto produk merupakan hal pertama yang dilihat oleh calon pembeli, namun seringkali diremehkan oleh penjual. Usahakan tampilan etalase produk yang eye-catching dengan menyajikan foto dan deskripsi produk yang jelas dan rinci. Selain itu, pastikan deskripsi dan foto produk tidak hanya menarik secara visual, tetapi juga mampu menggambarkan fungsi, keunggulan, dan kualitas produk tersebut dengan jelas.
Gunakan judul yang sesuai, menarik, serta mengandung kata kunci (keyword) yang sering dipakai calon pembeli ketika mencari produk terkait. Lengkapi judul dengan merek dan/ nama toko, kata kunci kategori, tipe/ seri/ variasi, serta atribut utama dan detail produk lainnya pada kolom deskripsi produk. Tampilkan foto produk semenarik mungkin, salah satunya dengan menambahkan keunggulan di foto produk, serta gunakan ‘harga coret’ dalam etalase produk yang menunjukkan produk yang sedang promo.
Kamu juga dapat menunjukkan berbagai promo yang ditawarkan di toko melalui akun media sosial. Jangan lupa sertakan tautan untuk memudahkan pengikut untuk dapat mengakses toko dan produk.
Ulasan positif atas toko dan produk bisa meningkatkan kepercayaan calon pembeli untuk pada akhirnya berbelanja di toko kamu, Beauty. Kualitas produk yang baik, harga yang kompetitif serta layanan terbaik akan mendorong pembeli untuk memberikan ulasan dan penilaian positif terhadap produk dan toko.
Kirimkan pengingat kepada pembeli melalui chat untuk memberikan ulasan. Pemberian voucher diskon, gratis ongkir, serta paket best deals untuk pembelian berikutnya juga dapat menjadi salah satu cara mendorong pelanggan untuk memberikan ulasan tentang produk dan layanan toko.
Fitur live streaming dapat dimanfaatkan penjual untuk mempromosikan produk secara lebih interaktif. Tak hanya membantu memperkuat hubungan antara penjual dan calon pembeli, fitur live streaming LazLive di Lazada bisa membantu penjualan lebih laris karena calon pembeli bisa bertanya seputar produk yang mereka inginkan secara langsung sembari menyaksikan live yang terkadang juga menampilkan try-on produk.
Program Lazada Affiliate memberikan kesempatan kepada individu, termasuk penjual online, untuk mendapatkan komisi dari hasil penjualan melalui link yang disebar di media sosial ataupun aplikasi pesan singkat. Dengan menyebarkan link yang langsung mengarah pada produk atau toko, peluang mendapatkan penjualan dari link tersebut akan lebih tinggi, terutama bila kamu menyebarkan link tersebut di sebuah komunitas yang sesuai dengan target pasar. Cuan berlipat akan kamu dapatkan, dari penjualan produk dan dari komisi dari setiap transaksi yang terjadi dengan link tersebut.
Berbisnis online jelas bukan hal yang mudah, apalagi untuk wirausaha muda. Diperlukan proses belajar yang terus menerus, baik untuk meningkatkan pemahaman teknis terkait dengan penggunaan fitur-fitur di platform eCommerce maupun untuk mengembangkan keterampilan terkait kewirausahaan digital lainnya.
Untuk memfasilitasi para penjual dalam mengembangkan usahanya, program pelatihan Lazada University tersedia untuk semua penjual di Lazada dengan ribuan materi yang mudah diakses oleh penjual.
Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.