Moms, merasa takut saat menjelang proses melahirkan adalah hal yang wajar. Terlebih lagi jika Moms baru melahirkan anak pertama. Mungkin Moms mendengar beberapa hal dari orang lain tentang proses melahirkan dan membuat Moms parno.

Namun, percaya deh Moms, ternyata suasana hati dan pikiran Ibu juga sedikit banyak memengaruhi kelancaran proses melahirkan. Untuk itu, coba sebisa mungkin meminimalisasi ketakutan-ketakutan berikut ini ya, Moms:

1. "Aku takut banget vaginaku robek"

Robekan biasanya terjadi secara spontan saat proses persalinan normal. Namun, enggak perlu khawatir, Moms! Robekan ini umumnya bisa sembuh dengan sendirinya kok. Tapi, Moms juga bisa menghindari robekan pada vagina dengan melakukan pijat perineum dalam minggu-minggu sebelum persalinan. Selain itu, posisi bersalin juga dapat membantu meminimalisasi robekan.

2. "Nanti kalau gak sengaja BAB saat pesalinan gimana ya?"

BAB saat persalinan adalah hal yang wajar kok, Moms. Dorongan kepala bayi memang bisa menyebabkan keluarnya BAB dari jalan dubur. Hal itu membuktikan bahwa usaha Moms mengejan membuat kemajuan yang baik.

3. "Aku takut enggak bisa menahan rasa sakit"

Baca Juga: Waspada Emboli Air Ketuban, Komplikasi Persalinan yang Mengancam Keselamatan Ibu Hamil dan Bayi

Intensitas rasa sakit selama persalinan dapat bergantung pada pola pikir Mama. Pada dasarnya, rasa sakit itu alami berasal dari tahapan kontraksi yang terjadi.