Menu

Keputihan Berwarna Coklat Bisa Jadi Menandakan Kanker Serviks, Kok Bisa?

18 Juli 2023 22:25 WIB
Keputihan Berwarna Coklat Bisa Jadi Menandakan Kanker Serviks, Kok Bisa?

Ilustrasi keputihan karena diabetes melitus. (Freepik/nataliakopylcova)

HerStory, Jakarta —

Keputihan merupakan kondisi yang sering dirasakan oleh perempuan. Meski kerap tak dianggap bahaya, ada kondisi jika keputihan merupakan tubuh sedang dalam keadaan bahaya karena adanya penyakit.

Biasanya keputihan berwarna putih dan tak berbau, namun dalam satu kondisi bisa berwarna kecoklatan ditambah dengan bercak merah. Tapi hal itu bisa dianggap wajar karena menurut dr. Nurotul Fuadah di laman Alodokter jika hal itu bisa terjadi ketika menstruasi.

"Keluar keputihan berwarna kecoklatan dengan bercak merah di dalamnya mungkin wajar disebabkan oleh keputihan yang bercampur dengan darah menstruasi," ujarnya dalam diskusi tersebut.

Meski begitu, jika Beauty tak sedang dalam mengalami menstruasi, bisa saja kondisi keputihan berwarna kecoklatan dengan bercak darah itu karena tanda mengalami kanker serviks, kanker rahim , radang panggul dan gangguan lainnya.

"Namun di samping itu, keputihan dengan karakteristik seperti itu bisa pula muncul karena hal lain, misalnya kanker serviks, kanker rahim, radang panggul, gangguan keseimbangan hormon, infeksi menular seksual, dan sebagainya," ujarnya menjelaskan.

Meskipun demikian, tak perlu panik terlebih dahulu. Beauty perlu melakukan pemeriksaan dengan dokter kulit dan kelamin untuk melihat hasil yang akurat.

"Bila ingin jelas, cobalah Anda pergi memeriksakan diri ke dokter kulit dan kelamin terdekat. Pemeriksaan fisik, pemeriksaan dalam vagina (vaginal toucher), tes IVA, pap smear, atau tes penunjang lainnya bisa jadi akan dokter lakukan agar bisa memberi Anda penanganan yang tepat," ujar dr. Nadia.

Sementara itu untuk penyebab keputihan sendiri, dr. Nadia menyebutkan jika hal itu bisa dikarenakan banyak hal, mulai dari beraktivitas berat, stres, hingga menggunakan KB tertentu.

Informasi tentang penanganan keputihan ada di halaman selanjutnya ya!

Baca Juga: Deretan Penyebab yang Bisa Bikin Keputihan Kamu Memiliki Bau Tak Sedap, Cusss Cari Tahu Juga Cara Mengatasinya Beauty!

Baca Juga: Bisa Jadi Bukan Hal Normal, Intip Moms Tanda-tanda Keputihan Abnormal pada Ibu Hamil, Kenali dari Bau dan Warnanya!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.