Beauty sudah tahu kan kalau skincare yang mengandung tea tree oil ampuh dalam mengatasi jerawat? Walaupun begitu kamu harus mengetahui secara lebih lengkap loh apa saja kandungan lainnya dan penggunannya agar gak menimbulkan masalah baru di kulit wajah kamu.

Kandungan Tea tree oil dalam skincare diduga sangat ampuh dalam menghempaskan jerawat yang muncul. Selain itu, harganya yang ekonomis membuat skincare dengan kandungan tea tree oil menjadi andalan bagi para Beauty yang sedang mengalami masalah kulit berjerawat.

Biasanya, jerawat timbul karena ada kotoran yang terseumbat di pori-pori kamu. Selain itu, jerawat sering muncul di tipe kulit berminyak, namun gak memungkikan juga untuk tipe kulit normal dan dry gak muncul jerawat ya. Jerawat juga bisa muncul di tipe kulit normal dan dry.

Munculnya jerawat sangat menganggu penampilan, sehingga rasa percaya diri menjadi turun. Apa lagi kalau jerwatnya besar, pasti semakin gak pede. Oleh karena itu, kamu harus tahu kandungan apa saja yang ampuh untuk membasi jerawat, misalnya tea tree oil.

Apa saja si fakta seputar Tea tree oil untuk kulit berjerawat?

Dikutip dari Womenhealth (13/02/2021), mengenai fakta dan penggunaan kandungan tea tree oil yang benar. Yuk simak 5 fakta seputar kandungan tea tree oil dalam skincare bagi kulit berjerawat!

Bersifat Antibakteri

Tea tree oil berasal dari Melaleuca Alternifolia, pohon kecil asli Australia yang mengandung terpinene-4-nolyang memiliki sifat antibakteri dan anti-jamur. Selain itu, Dalam penelitian Marsia Garshick, MD sebagai dokter kulit di New York menjukkan bahwa tea tree oil memicu aktivitas sel darah putih yang menjadi kunci dalam proses penyembuhan.

Gak Baik Bagi Kulit Sensitif

Beauty, jangan asal menggunakan skincare yang mengandung tea tree oil ya! Sebelumnya, kamu perlu mengetahuijenis kulit. Jika kulitmu sensitif, sangat gak dianjurkan menggunakan skincare dengan kandungan tea tree oil.

“Meskipun dapat ditoleransi dengan baik oleh sebagaian besar jenis kulit. Namun bagi Anda yang memiliki kulit sensitif atau rawan eksim, sebaiknya hindari penggunaan tea tree oil karena dapat menyebabkan iritasi atau alergi eksim,” ujar Dr. Robinson.

Uji Terlebih Dahulu Pada Tangan atau Leher

Penggunaan skincare yang mengandung tea tree oil juga harus hati-hati ya, Beauty! Sebaiknya, Beauty dapat menyobanya terlebih dahulupada tangan atau leher terlebih dahulu sebelum mencobanya pada kulit wajah. Jika tidak timbul efek negatif seperti panas atau gatal-gatal, barulah Beauty dapat mengaplikasikannya di kulit wajah yang berjerawat.

“Ide terbaik untuk mencoba produk skincare dengan kandungan tea tree oil atau kandungan baru lainnya adalah dengan mengaplikasikannya di lengan. Setelah bereaksi positif baru Anda dapat mengaplikasiannya di kulit wajah,” kata Dr. Robinson.

Aplikasikan Bersama dengan Moisturizer

Agar hasil yang sempurna, aplikasikan tea tree oill bersama dengan moisturizer. Karena penggunaan tea tree oil secara langsung justru dapat menyebabkan kulit iritasi. Oleh karena itu Dr. Robinson menyarankan mencampurkan tea tree oil dengan moisturizer dalam penggunaannya terhadap kulit wajah.

Memiliki Banyak Manfaat

Selain menghempaskan jerawat tea tree oil juga memiliki banyak manfaat bagi kulit kita loh, Beauty. Dr Garshick, menjelaskan kandungan tea tree oil dalam skincare sebagai exploating yang dapat menghilangkan sel-sel kulit mati pada kulit wajah kita.

Baca Juga: Beauty Merapat! Ini 5 Istilah Khusus dalam Kamus Skincare yang Wajib Kamu Pahami

Jadi, sudah tahu kan fakta menarik dan bagaiman penggunaan tea tree oil yang baik dan benar untuk kulit wajah, Beauty? Aplikasikanlah sesuai dengan fakta ya, Beauty agar mendapatkan kulit wajah yang sehat dan terbebas dari jerawat.