Menu

Si Kecil Alami GERD? Dokter Bagikan Tips Ampuh untuk Mengatasinya Moms, Jangan Sampai Di-skip..

21 Juli 2023 12:00 WIB
Si Kecil Alami GERD? Dokter Bagikan Tips Ampuh untuk Mengatasinya Moms, Jangan Sampai Di-skip..

Illustrasi Anak Alami GERD (Freepik/Edited By HerStory)

HerStory, Jakarta —

Gastroesophageal Reflux Disease atau GERD adalah penyakit yang disebabkan oleh berbaliknya aliran asam lambung ke kerongkongan, tenggorokan, hidung, mulut, bahkan paru-paru. Berbaliknya asam lambung tersebut diakibatkan gangguan pencernaan pada lambung.

"Gejalanya berupa rasa panas di dalam dada, mulut pahit, rasa asam karena berbaliknya makanan sekaligus asam lambung ke mulut, sulit menelan, bahkan sakit menelan," dr. Duddy Mulyawan I. K. Djajadisastra, Sp. P. D, Subsp. G. E. H kepada HerSory, Kamis (20/7/2023).

Meskipun dokter mendiagnosis GERD dengan mengetahui gejala dan tanda saat pemeriksaan fisik, perlu dipastikan dengan pemeriksaan yang dianjurkan. Sayangnya, tak ada “gold standard” untuk mendiagnosis GERD.

Ada penderita GERD yang membutuhkan pemantauan pH di tenggorokan selama 24 jam, bahkan menilai kemampuan peristaltik atau gerakan tenggorokan.

"Sebagian besar pasien cukup dengan tindakan gastroskopi untuk memastikan GERD," ungkap dr Duddy pada HerStory, Kamis (20/7/2023).

Seluruh perangkat medis untuk mendiagnosis GERD tersedia di RS Pondok Indah Group, mulai dari pemeriksaan rontgen, gastroskopi, transnasal esophagoscopy, manometri, dan juga ambulatory pHmetri. Sedangkan penanganan pada kondisi GERD yang sudah dalam tahap berat adalah pembedahan minimal invasive, yakni dilakukan pengikatan pada kerongkongan bagian bawah secara laparoskopi maupun endoskopi.

Kebiasaan sehat yang bisa memperkecil risiko terjadinya GERD adalah makan tepat waktu dalam jumlah relatif tetap. Selain itu, mengatur workflow untuk menghindari stres, hindari kebiasaan minum soda dan alkohol, hindari konsumsi makanan yang pedas dan terlalu merangsang munculnya asam lambung.

Biasanya penanganan GERD pada orang dewasa dan anak-anak berbeda. Perhatian orang tua terhadap anak menjadi kunci penyembuhan. Di mana orang tua mengenali faktor apa yang memicu kekambuhan GERD dan melakukan upaya untuk menghindarinya.

Baca Juga: Tiati Beauty, Ini Deretan Faktor yang Bisa Menyebabkan GERD, Salah Satunya Anxiety!

Baca Juga: Tiati yang Suka Nyeri Perut Setelah Makan, Bisa Jadi Tanda GERD Beauty, Yuk Simak Cara Mengatasinya

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Oleh: Nailul Iffah

Artikel Pilihan