Moms, apakah akhir-akhir ini si kecil mulai sering melakukan perlawanan atau membantah ucapanmu? Jika iya, hindari untuk memarahinya dan berikan teguran dengan cara yang baik ya. Ketika kamu memarahinya, hal itu akan mambuat ia merasa semakin tertekan dan semakin melakukan perlawanan. 

Semakin bertambahnya usia, biasanya seorang anak akan semakin sulit diatur. Hal itu karena ia telah memiliki pendapat dan keinginannya sendiri. Namun tak hanya itu saja, ada beberapa faktor lainnya yang menyebabkan anak melakukan perlawanan dan membantah ucapan orang tuanya. Kira-kira faktor apa saja ya itu? Untuk mengetahuinya, yuk simak informasi berikut ini! 

Terlalu dimanja

Memang tak ada yang salah dengan memanjakan anak, karena setiap orang tua pasti ingin selalu memberikan yang terbaik dan ingin selalu memenuhi keinginan si kecil. Namun perlu diingat, terlalu memanjakan anak bukanlah hal yang baik lho moms. Ketika si kecil selalu dimanja, maka ia akan tumbuh menjadi pribadi yang rapuh dan selalu bergantung dengan orang lain. Sehingga apabila ia tak mendapatkan keinginannya, ia tak segan-segan untuk melakukan perlawanan.

Orang tua selalu mengkritik

Coba diingat-ingat, apakah kamu selalu memberikan kritik pada si kecil? Mengkritik atau memberi saran memang perbuatan yang baik, namun jika moms menyampaikannya dengan kata-kata yang kasar dan menyakitkan, hal itu dapat melukai hati si kecil dan menyebabkan ia melakukan perlawanan atau membantah ucapan orang tuanya.

Baca Juga: Jangan Terpancing Emosi, Begini Cara Menghadapi Si Kecil yang Suka Melawan Orang Tua