Mewabahnya virus corona di hampir semua negara, membuat seluruh masyarakat haru lebih berhati-hati. Jangan lupa untuk selalu mencuci tangan dan menjaga kebersihan tubuh. Pemerintah juga sudah mengimbau untuk melakukan segala aktivitas di rumah dan melakukan social distancing. Virus corona ini sangat berbahaya, bisa menyerang siapa saja tanpa mengenal umur.

Virus corona bisa menyerang siapa saja, tak terkecuali ibu hamil. Siapa saja yang daya tahan tubuhnya rendah dapat dengan mudah terpapar virus corona. Bagi kamu yang sedang hamil, harus selalu waspada. 

Baca Juga: Jangan Biarkan Anak Cemas dengan Virus Corona! Ini 5 Cara yang Tepat untuk Menjelaskan Pada Anak

Ibu hamil dan ibu menyusui rentan dengan berbagai penyakit akibat perubahan hormonal sehingga secara otomatis daya tahan tubuhnya lebih rendah. Berdasarkan dengan beberapa contoh kasus pada penanganan virus sebelumnya (SARS-CoV dan MERS-CoV) dan beberapa kasus COVID-19, dipercaya bahwa ibu hamil berisiko lebih tinggi terjangkit penyakit berat dibandingkan dengan populasi umum.

Untuk selalu menjaga kesehatan, HerStory punya tips untuk ibu hamil dan ibu menyusui agar terhindar dari berbagai macam penyakit. Simak baik-baik, ya!

Konsumsi makanan yang bergizi 

Kamu harus selalu mengonsumsi makanan yang bergizi dan sehat agar daya tahan tubuh kamu tidak menurun. Jangan lupa untuk minum vitamin khusus ibu hamil!

Jangan keluar rumah

Kalau enggak ada keperluan yang genting, sebaiknya kamu tetap di rumah. Kamu harus hindari keluar rumah apabila tidak diperlukan. Kalau kamu harus keluar rumah jangan lupa gunakan masker dan selalu mencuci tangan.

Hindari berada di keramaian

Nah, pemerintah juga sudah mengimbau untuk menjauhi keramaian untuk mencegah penyebaran virus corona. Sebaiknya, kamu ikuti anjuran tersebut agar kamu terhindar dari banyak penyakit.

Konsultasi ke dokter

Jika ibu menyusui mengalami gejala flu, sebaiknya ASI tidak diberikan secara langsung. Segera ke dokter jika merasa kurang sehat dan memiliki gejala mirip flu. Konsultasi bersama dokter sangat diperlukan untuk mengetahui tindakan pencegahan yang perlu dilakukan sesuai dengan kondisi tubuh kamu.